16.1 C
New York
Sunday, September 29, 2024

Cuaca Panas Ekstrem 45 Derajat Celcius di India Tewaskan 33 Petugas Pemilu

India, MISTAR.ID

Sebanyak 33 orang petugas pemungutan suara di India tewas saat suhu panas mencapai 45 derajat celcius melanda sebagian wilayah negara India pada terakhir pemungutan suara akibat heatstroke, Minggu (2/6/24).

Dilansir AFP, Senin (3/6/24) dini hari, India dilanda gelombang panas di banyak tempat dengan suhu di atas 45 derajat Celcius (113 derajat Fahrenheit). Hal ini mengakibatkan puluhan staf meninggal dalam satu hari. Departemen Meteorologi India (IMD) mengatakan, suhu di Jhansi di Uttar Pradesh mencapai 46,9 derajat Celcius (116 Fahrenheit).

Navdeep Rinwa, kepala petugas Pemilu di negara bagian utara Uttar Pradesh mengatakan, 33 petugas pemungutan suara tewas akibat cuaca panas. Jumlah tersebut termasuk penjaga keamanan dan staf sanitasi.

“Kompensasi uang sebesar 1,5 juta rupee ($18.000) akan diberikan kepada keluarga almarhum,” kata Rinwa.

Baca Juga : 15 Orang Meninggal Dunia Akibat Sengatan Panas di India Bagian Timur

Rinwa melaporkan insiden terpisah dimana seorang pria yang mengantre untuk memilih di kota Ballia kehilangan kesadaran saat mengantri. Dia kemudian diangkut ke fasilitas kesehatan, dan dinyatakan meninggal saat tiba di sana.

India tidak asing dengan suhu musim panas yang menyengat. Namun penelitian ilmiah selama bertahun-tahun menemukan bahwa perubahan iklim menyebabkan gelombang panas menjadi lebih lama, lebih sering, dan lebih intens. (dtc/hm24)

 

Syahrial Siregar
Syahrial Siregar
Alumni STIK-P Medan. Menjadi jurnalis sejak 2008 dan sekarang redaktur untuk portal mistar.id

Related Articles

Latest Articles