19.1 C
New York
Saturday, September 28, 2024

150 Jamaah Calon Haji Asal Simalungun Diberangkatkan ke Tanah Suci Malam Ini

Simalungun, MISTAR.ID

Sebanyak 150 jemaah calon haji (calhaj) dijadwalkan berangkat ke Tanah Suci Makkah, Minggu (2/6/24) malam sekitar pukul 20.15 WIB, melalui Kuala Namu Internasional Airport (KNIA).

Sebelumnya, para calhaj dilepas Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Simalungun ke Asrama Haji Medan dari Masjid Asy Syuhada Korem 022/PT Jalan Asahan Kecamatan Siantar oleh Wakil Bupati Zonny Waldi.

Jemaah calhaj Simalungun ini yang dibagi dalam 4 rombongan akan tergabung dalam Kelompok Terbang (Kloter) 19 bersama dengan jamaah calhaj Kota Medan.

Baca juga: Jelang Idul Adha 2024, Kambing Paling Banyak Dicari di Simalungun

Kepala Staf Haji Kabupaten Simalungun H Ahmad Sofian menyampaikan, bahwa jumlah jamaah calhaj asal Simalungun sebanyak 150 orang terdiri dari 58 Pria dan 92 Wanita.

“Jaga kesehatan fisik, jangan banyak kegiatan sampai puncak pelaksanaan ibadah haji, jaga kekompakan dan Jaga nama baik kabupaten Simalungun,” pesan Ahmad Sofian.

Jamaah tertua calhaj Simalungun tertua pria bernama Tomen bin Paimen (77) asal Kecamatan Raya dan termuda pria adalah Domma bin Alan (31) asal Kecamatan Gunung Maligas.

Sementara itu, jamaah calhaj wanita tertua, Tuginem binti Paimen (85) asal Kecamatan Tanah Jawa dan termuda Widya Anggreini Tanjung binti Aswin Tanjung (20) asal Kecamatan Siantar.

Baca juga: PLTMH PTPN 4 Bah Jambi Simalungun Tak Beroperasi Lagi

Wakil Bupati Zonny Waldi mengatakan, ibadah haji merupakan ibadah yang sakral. Ia pun mengimbau agar para jemaah calhaj Simalungun menjaga kesehatan dan juga nama baik Tanoh Habonaron Do Bona.

“Lakukanlah itu, karena bapak ibu merupakan cerminan dari Simalungun. Tidak semua orang dapat berangkat melaksanakan ibadah haji di Tanah Suci Makkah. Harapan kami berangkat 150 dan pulang dengan jumlah yang utuh,” katanya.

Zonny juga meminta kepada calhaj agar mengikhlaskan apa yang ditinggalkan di tanah air. “Kami akan monitor itu melalui pihak kecamatan,” sebut Wakil Bupati. (hamzah/hm22)

Related Articles

Latest Articles