19.1 C
New York
Saturday, September 28, 2024

Kapolres Siantar: Bumikan Nilai-Nilai Pancasila dalam Setiap Aspek Kehidupan

Pematangsiantar, MISTAR.ID

Dalam momen peringatan Hari Lahir Pancasila yang jatuh setiap tanggal 1 Juni, Kapolres Pematangsiantar, AKBP Yogen Heroes Baruno, mengajak seluruh komponen bangsa, untuk bahu membahu membumikan nilai-nilai Pancasila dalam setiap aspek kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara.

Ajakan tersebut dilontarkan Kapolres saat membacakan amanat Kepala Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) Republik Indonesia, Yudian Wahyudi dalam upacara yang digelar di Mako Polres Pematangsiantar, pada Sabtu (1/6/24).

Yogen mengatakan, untuk peringatan Hari Lahir Pancasila Tahun 2024 ini, mengambil tema ‘Pancasila Jiwa Pemersatu Bangsa Menuju Indonesia Emas 2045’.

Baca juga:Harlah Pancasila 2024, Ini Amanat Wakapolres Humbahas

Disebutkan, tema ini mengandung maksud, bahwa Pancasila menyatukan bangsa dengan segala perbedaan suku, agama, budaya dan bahasa dalam menyongsong 100 tahun Indonesia Emas yang maju, mandiri dan berdaulat.

“Di dalam Pancasila terkandung nilai-nilai luhur yang menjunjung tinggi nilai inklusivitas, toleransi dan gotong royong. Keberagaman yang ada merupakan berkat yang dirajut dalam identitas nasional Bhinneka Tunggal,” papar Kapolres.

“Bumikan nilai-nilai Pancasila ke dalam setiap aspek kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara,” kata Yogen menambahkan.

Baca juga:Pemkab Humbahas Laksanakan Upacara Hari Lahir Pancasila 2024

Selanjutnya Kapolres juga mengatakan, dengan semangat Pancasila yang kuat, seluruh tantangan yang akan dihadapi bangsa akan dapat diatasi meskipun di tengah krisis global yang terjadi. Dia juga tidak luput mengucapkan syukur, bahwa Indonesia telah berhasil melaksanakan Pemilihan Umum (Pemilu) yang aman dan damai.

“Keberhasilan ini adalah sumbangsih gotong royong seluruh anak bangsa, dengan ideologi Pancasila sebagai fondasi dasarnya,” Kapolres.

Dirinya juga berharap, semoga peringatan Hari Lahir Pancasila ini dapat memompa semangat semua untuk terus mengamalkan Pancasila demi Indonesia yang maju, adil, makmur dan berwibawa di kancah dunia. (roland/hm16)

Related Articles

Latest Articles