22.2 C
New York
Saturday, September 28, 2024

Miris! Dua Cabor PON Sumut Harus Latihan di Gedung Rusak

Medan, MISTAR.ID

Dua Cabang Olahraga (Cabor) yang dipersiapkan untuk tampil di Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI Aceh-Sumut 2024 mewakili Sumatera Utara (Sumut), yakni Angkat Besi dan Angkat Berat, harus latihan di sebuah gedung yang cukup memprihatinkan. Kondisinya rusak.

Gedung yang dimaksud yaitu gedung PABBSI yang terletak di Jalan Masjid, Kecamatan Medan Helvetia. Diketahui dua cabor tersebut selama ini masih berlatih di gedung yang sudah ada sejak 1989 tersebut.

Baca juga:Angkat Besi Sumut Proyeksikan 13 Atlet untuk PON, Berikut Daftarnya

Pantauan Mistar.id di lokasi, Kamis (30/5/24) terlihat lokasi gedung berada setelah kurang lebih 50 meter dari pagar. Sekeliling gedung terlihat banyak ditemukan semak belukar dan sejumlah titik pohon bambu.

Memasuki bangunan tampak depan gedung diperlihatkan pula cat dinding yang sudah memudar dan mengelupas, termasuk tulisan “Gedung PABBSI” yang sudah menghilang. Selain itu beberapa kaca jendela yang sudah pecah dan plafon yang sudah rusak tampak di gedung tersebut.

Wakil ketua Persatuan Angkat Besi Seluruh Indonesia (PABSI) Sumut, Martin membenarkan kondisi gedung yang mulai tidak terurus sejak tahun 2019.

Baca juga: Jelang PON, Angkat Besi Sumut Sebut Masih Terkendala Perlengkapan

“Kalau sekarang sudah agak lumayan itu. Dulunya kumuh kali, itu sudah ada beberapa perbaikan. Kalau dulu pas kalau hujan sedikit aja sudah banjir,” ujarnya kepada Mistar.id melalui, Kamis (30/5/2024)

Namun meski begitu Martin mengakui untuk proses latihan atlet hingga saat ini gedung tersebut masih bisa dipergunakan untuk persiapan PON 2024.

“Kalau untuk latihan masih bisalah, sudah berapa kali kita usulkan ke KONI dan Dispora juga beberapa sponsor, tapi mereka harus ada dasar untuk membangun itu maksimal,” ungkap Martin.

Baca juga: KONI Simalungun Targetkan 3 Emas di PON Aceh-Sumut 2024

“Kita upayakan secara perlahan dengan bertahap. Kalau ada rezeki sedikit dari Pemprov kita benahi. Kalau tidak ada kita diamkan,” sambungnya.

Martin juga meminta para atlet angkat besi Sumut agar tetap fokus berlatih mempersiapkan diri menghadapi PON 2024 meski terbalut dengan beberapa kendala yang ada.

“Jadi kedepan, pelatih dan atlet fokus saja untuk pertandingan PON, karena waktu sudah beberapa hari lagi,” pungkasnya. (iqbal/hm17)

Related Articles

Latest Articles