20.3 C
New York
Saturday, September 28, 2024

Anak Mantan Bupati Simalungun Ramaikan Bursa Pilkada 2024

Simalungun, MISTAR.ID

Marsekal Pertama (Purn) Budy Raja Manggala Purba akan meramaikan kontestasi Pilkada Simalungun 2024. Anak dari Bupati Simalungun periode 1960-1973, Brigjen (Purn) TNI Radjamin Purba ini sudah mendaftarkan diri sebagai Calon Bupati ke Partai Demokrat.

Nama Budy Raja Manggala Purba muncul dalam bursa Calon Bupati Simalungun periode 2024-2029 muncul setelah Yan Santoso Purba membatalkan pendaftarannya. Sebelumnya,  Yan sudah mendaftar ke dua partai di Kabupaten Simalungun.

Ketua Panjaringan Partai Demokrat Kabupaten Simalungun Pardomuan Simanjuntak, membenarkan bahwa pihaknya sudah menerima pendaftaran Budy Raja Manggala sebagai bakal calon Bupati Simalungun.

Baca juga: Tuahman Purba Kembalikan Formulir Pendaftaran ke Partai NasDem, Didampingi Pengurus PMS dan IKEIS

“Ya sudah mendaftar, tanggal persisnya aku tidak ingat. Tapi satu minggu yang lalu mendaftar ke Demokrat Simalungun,” ungkap Pardomuan Simanjuntak ketika dikonfirmasi mistar, Senin (6/5/24).

Lanjut Pardomuan lagi, pasca pendaftaran pihaknya juga melakukan survei terkait sosok Budy Raja Manggala Purba di lapangan. Hal ini sebagai evaluasi untuk pertimbangan kepada jenjang pengurus partai lebih tinggi.

“Sampai semalam, kami verifikasi sebelum kami lapor ke tingkat DPD, untuk tingkat pendaftaran sudah memenuhi lah syarat pendaftaran,” jelas Pardomuan Simanjuntak, sembari menambahkan bahwa pihaknya hanya menerima pendaftaran saja.

Baca juga: Pilkada 2024, Bawaslu Sumut Awasi Syarat Balon Perseorangan Gubernur dan Wagub

Setelah menuntaskan karir kemiliteran, Budy Raja Manggala Purba pun aktif sebagai pengurus Yayasan Universitas Simalungun (USI) sebagai Ketua Dewan Pembina. Ayahnya Brigjen (Purn) TNI Radjamin Purba merupakan pendiri Yayasan Universitas Simalungun.

Terkait kabar majunya Budy Raja Manggala Purba pun juga pernah dibenarkan oleh Yan Santoso Purba. Keduanya diketahui masih memiliki pertalian darah yang erat. Hal ini juga yang mengurungkan niat Yan Santoso, yang kemudian memilih untuk mendukung Budy Raja Manggala pada Pilkada Simalungun.

Selain itu juga, Budy pernah memimpin jabatan sipil di Gugus Tugas PT Angkasa Pura I (Persero). Dan di tahun 2017, dia juga menjabat di PT Angkasa Pura II (Persero). (hamzah/hm22)

Related Articles

Latest Articles