13.8 C
New York
Sunday, October 6, 2024

Punya Kebiasaan Mengkonsumsi Nasi Sisa? Ini Yang Harus Anda Ketahui

MISAR,ID–Perlu Anda Ketahui tentang Nasi Sisa. Kita semua memasak dan menyimpan makanan. Kadang-kadang, kita mengatur pesta makan siang atau makan malam untuk teman-teman kita dan membuatnya dengan jumlah yang sedikit berlebih hanya untuk berjaga-jaga jangan sampai tidak cukup.

Bahkan selama memasak untuk diri kita sendiri dan untuk keluarga kita, kita sering menyiapkan makanan dalam jumlah ekstra dan kemudian kita harus menyimpannya.

Namun, baik itu sayuran, kari, nasi, setiap hidangan atau makanan yang dimasak memiliki persyaratan tertentu ketika harus menyimpannya.

Baca Juga: Ini Tips Bagi Lansia Agar Sehat di Masa Pandemi Covid-19

Salah satu makanan yang sering kita persiapkan dalam jumlah ekstra adalah nasi. Sangat penting untuk menyimpannya dengan benar karena dapat menyebabkan masalah kesehatan seperti keracunan makanan. Berikut ini adalah penjelasannya.

Bisakah sisa nasi BENAR-BENAR menyebabkan keracunan makanan?
Sebenarnya, bukan nasi sisa yang menyebabkan keracunan makanan. Sebaliknya, proses memanaskannya yang merupakan masalah utama.

Menurut National Health Service Inggris, makan nasi yang dipanaskan kembali dapat menyebabkan keracunan makanan jika Anda tidak berhati-hati setelah terlebih dahulu memasaknya.

Baca Juga: Di Tengah Isolasi, Vietnam Perkenalkan ATM Beras

Selain itu, bukan memanaskan ulang beras yang menjadi masalah, tetapi bagaimana Anda menanganinya sejak awal. Setelah memasak nasi, Anda tidak harus membiarkannya selama lebih dari satu jam.

Nasi mentah dapat mengandung spora Bacillus cereus, bakteri yang dapat menyebabkan keracunan makanan. Bakteri dapat bertahan hidup bahkan setelah nasi dimasak, dan semakin lama nasi ditinggalkan pada suhu kamar, semakin besar kemungkinan bakteri berkembang biak dan menghasilkan racun.

Gejala Keracunaan Kakanan:
Jika Anda makan nasi yang mengandung bakteri Bacillus cereus, Anda mungkin sakit dan mengalami muntah atau diare sekitar 1 hingga 5 jam sesudahnya. Gejalanya relatif ringan dan biasanya berlangsung sekitar 24 jam. Menurut satu laporan, mungkin ada 84.000 kasus keracunan makanan yang disebabkan oleh Bacillus cereus setiap tahun di AS.

Baca Juga: Kadar Kolesterol Anda Melonjak? Ini Bahan Makanan untuk Menurunkan

Apa yang bisa dilakukan untuk menghindari keracunan makanan? Ada 3 langkah dasar dan penting yang dapat Anda ambil untuk menghindari masalah kesehatan karena beras.

1. Masak jumlah nasi yang Anda rencanakan untuk dimakan, dan sajikan segera.
2. Jika Anda membuatnya untuk makan di lain waktu, simpan segera setelah dingin. Dan seharusnya tidak lebih dari satu jam.
3. Nasi sisa harus dimakan pada hari berikutnya. Jika Anda memanaskannya, pastikan sudah mengepul sempurna. Selain itu, jangan dipanaskan lebih dari satu kali.(TimesofIndia/ja/hm02)

Related Articles

Latest Articles