28 C
New York
Wednesday, July 17, 2024

BRI Imbau Masyarakat Waspada Malware Bermodus Aplikasi Pemilu

Pematangsiantar, MISTAR.ID

Menjelang Pemilihan Umum (Pemilu) 2024, para penipu (fraudster) berinovasi dengan modus baru, yakni menyebarkan file aplikasi (Apk) yang disamarkan seolah-olah merupakan undangan pemilu.

File Apk sangat ini berbahaya karena telah disusupkan malware yang dapat mencuri data pribadi korban.

Terkait modus gaya baru ini PT Bank Rakyat Indonesia (BRI) Cabang Pematangsiantar terus menggencarkan edukasi dan langkah praktis menghindari diri terjebak dari penipuan.

Baca juga: Stok Beras Toko Ritel Modern di Siantar Mendadak Langka Jelang Pemilu

Supervisor Penunjang Operasional Bank BRI Pematang Siantar, Rey Sinaga menekankan agar para nasabah terus waspada jika ada nomor yang tidak dikenal mengirimkan dokumen dengan akhir penamaan apk, apalagi yang mengatasnamakan BRI.

“BRI tidak pernah membuka channel di aplikasi chat BRI sebagai bank yang sangat concern terhadap segala jenis kejahatan bank senantiasa mengimbau dan mengedukasi nasabah untuk lebih waspada dan mengenali berbagai jenis modus penipuan,” katanya kepada Mistar.id, Selasa (13/2/24)

Sebagai informasi, file Apk menggunakan penamaan Undangan Pemilu atau PPS Pemilu 2024 kini marak disebar untuk memancing korban.

Baca juga: Ambruk Desember 2023, Pembongkaran Atap Pasar Ikan Siantar Belum Juga Selesai

“Oknum penipu juga masih gencar memanfaatkan kelengahan korbannya dengan gaya lama, seperti memberikan undangan pernikahan dan foto paket melalui pesan singkat ataupun WhatsApp,” jelasnya.

Ia mengimbau dengan selalu menjaga kerahasiaan data serta tetap berhati-hati dalam menerima pesan, berbagai modus penipuan akan mudah untuk dihindari.

“BRI pun akan terus mengedukasi serta mengajak seluruh masyarakat untuk selalu waspada akan modus penipuan,” ucapnya. (Abdi/hm22)

Related Articles

Latest Articles