16.1 C
New York
Sunday, September 29, 2024

12 Rumah Rusak, 69 Lainnya Terancam Akibat Longsor di Sukabumi

Sukabumi, MISTAR.ID

Bencana longsor yang terjadi di Kampung Cibatu Hilir RT 001/011, Desa Sekarwangi, Kecamatan Cibadak, Kabupaten Sukabumi, Rabu (24/1/24), membuat 12 unit rumah mengalami kerusakan berat dan 69 unit rumah di sekitar lokasi kejadian, ikut terancam bencana longsor.

Humas Pusat Pengendali dan Operasi (Pusdalops) Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Sukabumi, Sandra Fitria Zulkarnain mengatakan, longsor terjadi setelah wilayah Cibadak diguyur hujan deras.

“Sebanyak 15 Kepala Keluarga (KK) dengan 51 jumlah jiwa, terdampak dari bencana longsor tersebut. Sedangkan jumlah korban yang terancam, berjumlah 75 KK dengan 239 jumlah jiwa. Fasilitas umum dan sosial yang terdampak berjumlah 2 unit,” ujarnya.

Baca Juga : Mobil Tertimpa Tanah Longsor di Jalinsum Tarutung-Sipirok

Dari jumlah yang terdampak tersebut, lanjut Sandra, jumlah anak-anak berjenis kelamin laki-laki berjumlah 9 orang dan perempuan berjumlah 6 orang. Untuk jenjang pendidikan, 1 orang TK, 6 orang SD, 4 orang SMP, 1 orang SMA.

“Secara rinci klasifikasi usia korban yang terdampak, lansia berjenis kelamin perempuan berjumlah 2 orang, usia dewasa laki-laki berjumlah 19 orang dan perempuan berjumlah 15 orang dan terdapat 1 orang warga disabilitas yang terdampak,” ujar Sandra.

Lebih lanjut Sandra mengatakan, tidak ada korban jiwa dalam bencana tersebut, petugas belum menghitung taksiran jumlah kerugian karena saat ini masih melakukan evakuasi di lokasi kejadian. (okz/hm24)

Syahrial Siregar
Syahrial Siregar
Alumni STIK-P Medan. Menjadi jurnalis sejak 2008 dan sekarang redaktur untuk portal mistar.id

Related Articles

Latest Articles