20.9 C
New York
Tuesday, October 1, 2024

Pasca Ops Lilin Toba, Satlantas Polres Batu Bara Tilang 873 Pengendara

Batu Bara, MISTAR.ID

Pasca berakhirnya Ops Lilin Toba yang dilanjutkan dengan penilangan terhadap pelanggar lalu lintas, Satlantas Polres Batu Bara telah menerbitkan ratusan surat tilang dan memberikan lebih dari seribu teguran.

“Sebanyak 873 set tilang telah kita terbitkan dalam kurun waktu 3 minggu ini. Selain itu, kita juga telah memberi 1.276 teguran kepada pelanggar lalu lintas lainnya,” ujar Kasat Lantas Polres Batu Bara, AKP Hotlan Wanto Siahaan, Selasa (23/1/24).

Diterangkan Siahaan, tilang dan teguran diberikan kepada pelanggaran kasat mata sesuai 10 prioritas Kapolda Sumatera Utara (Sumut). Adapun 10 prioritas Kapolda Sumut adalah pengendara sepeda motor tanpa mengenakan helm standar dan melawan arus. Selain itu, tilang dan teguran juga diberikan kepada pengendara maupun pengemudi yang menggunakan HP saat berkendara.

Baca Juga : Beri Rasa Aman kepada Masyarakat, Polres Batu Bara Gelar Patroli Hingga Subuh

Prioritas keempat adalah pengendara maupun pengemudi yang berada di bawah pengaruh alkohol, pengemudi dan pengendara di bawah umur serta berboncengan lebih dari 1 orang dan menggunakan knalpot brong.

“Selanjutnya pelanggar lampu merah atau traffic light, marka dan rambu jalan dan kendaraan ODOL atau over dimensi over load,” terang Siahaan.

Terkait pemberian teguran terhadap 1.276 pelanggar, disebutkan Siahaan, sebagai bentuk pembinaan. Mereka yang diberi teguran adalah pelanggar yang baru pertama kali melakukan pelanggaran dan pelanggaran yang tidak berpotensi mengakibatkan kecelakaan lalu lintas (laka lantas).

Untuk menghindari terkena tilang, Kasat Lantas meminta agar pengendara dan pengemudi tetap mematuhi rambu-rambu lalu lintas, menggunakan helm SNI, serta tidak menggunakan knalpot brong yang mengganggu masyarakat dan pengguna jalan.

Syahrial Siregar
Syahrial Siregar
Alumni STIK-P Medan. Menjadi jurnalis sejak 2008 dan sekarang redaktur untuk portal mistar.id

Related Articles

Latest Articles