16.1 C
New York
Sunday, September 29, 2024

MTQ Nasional ke-56, Generasi Muda Diajak Mendalami Alquran

Pematangsiantar, MISTAR.ID

Wali Kota Pematangsiantar, Susanti Dewayani mengajak generasi muda Islam lebih memahami, mencintai, dan mendalami isi kandungan Alquran. Akhirnya dapat diimplementasikan dalam kehidupan sehari-hari.

“Sehingga nantinya akan dapat melaksanakan keharmonisan dan kebersamaan di dalam lingkungannya masing-masing,” ucap Susanti dalam sambutannya pada pembukaan Musabaqah Tilawatil Quran Nasional (MTQ-N) di Masjid Al-Mukminin, Kecamatan Siantar Martoba, Kamis (18/1/24)

Menurutnya, pelaksanaan MTQ-N merupakan pengembangan Syiar Agama yang tujuannya sesuai dengan tema, yakni membumikan Alquran dalam mewujudkan Kota Pematangsiantar yang ber-Akhlaqul Karimah.

Dokter anak itu berharap, generasi muda mampu membangun kerukunan, keharmonisan, sekaligus sebagai solusi dari berbagai persoalan yang berkembang di tengah-tengah masyarakat.

Baca juga: Wali Kota Siantar : Momentum MTQ Penyemangat Generasi Muda

Ia menilai generasi muda Islam perlu diberi pemahaman yang benar tentang bagaimana Islam memandang keragaman di dalam masyarakat.

“Tentunya dengan menekankan tujuan penciptaan manusia yang bersuku-suku, berbangsa-bangsa, untuk saling mengenal satu sama lain,” sebutnya.

Pada kesempatan itu, Susanti menyebut Pemerintah Kota (Pemko) Pematangsiantar senantiasa mendukung kegiatan MTQ yang tujuannya untuk meningkatkan nilai-nilai keagamaan.

“Sehingga Insya Allah, kedepannya akan dapat terwujud masyarakat yang ber-Akhlaqul Karimah. Semoga nanti dengan kerja sama kita, Kota Pematangsiantar dapat memberikan lebih banyak lagi kontribusi kepada Bilal Mayit dan Guru Magrib Mengaji serta rumah ibadah dan organisasi keagamaan,” terangnya.

Baca juga: Kafilah MTQ UGM Sabet 4 Medali di Ajang MTQ Mahasiswa Nasional 2023

Ia menambahkan, dalam mendukung perkembangan pelaksanaan MTQ, Pemko Pematangsiantar menambah jumlah yang diperlombakan atau dipertandingkan, yakni Lomba Gebyar Marhaban.

“Harapannya, seluruh aspek kehidupan keagamaan umat Islam dapat terakomodir di dalam kegiatan MTQ ini. Insya Allah kegiatan ini akan terus kita tingkatkan dan kami mohon masukan agar kami dari Pemko Pematangsiantar dapat melaksanakan yang menjadi amanah dari masyarakat Kota Pematangsiantar,” Susanti memungkas.

Sekadar menambahkan, kegiatan diikuti kafilah dari 7 kelurahan, dengan jumlah peserta 247 orang. Untuk perlombaan Gebyar Marhaban diikuti 11 peserta, masing-masing grup terdiri dari 10 orang. (jonatan/hm17)

Related Articles

Latest Articles