26.9 C
New York
Tuesday, July 16, 2024

Jokowi Groundbreaking Masjid Negara IKN Rp940 Miliar

Jakarta, MISTAR.ID

Presiden Joko Widodo (Jokowi) meletakkan batu pertama atau groundbreaking Masjid Negara Ibu Kota Nusantara (IKN) senilai Rp940 miliar. Jokowi mengatakan, masjid yang pengerjaannya akan rampung akhir 2024 itu bisa menampung 61 ribu orang jemaah.

“Nilai konstruksinya sebesar Rp940 miliar. Memang sangat besar sekali masjid ini nanti dan masjid ini juga dilengkapi dengan infrastruktur kawasan, seperti lanskap, utilitas kawasan, tentu saja jalan dan jembatan,” ujar Jokowi di IKN, Rabu (17/1/24).

Dikatakan, Masjid Negara IKN akan dikelilingi oleh air. Akan ada embung-embung yang dibangun mengelilingi masjid tersebut. Masjid itu akan memiliki interior yang indah dan Jokowi berharap muslim di IKN bisa beribadah dengan nyaman di tempat tersebut.

“Saya berharap masjid negara ini akan merepresentasikan kemajemukan Indonesia dan sarana untuk meningkatkan iman dan takwa kepada Allah SWT, tempat yang nyaman bagi umat Muslim melakukan berbagai aktivitas keagamaan,” ujarnya.

Baca Juga : Ini Potensi Investasi IKN yang Dipaparkan Jokowi

Jokowi berkata di kawasan itu juga akan didirikan gereja katedral, wihara, pura, dan klenteng. Dia ingin kawasan tersebut menjadi simbol toleransi dan kerukunan beragama di Indonesia.

“Saya ingin masjid yang akan dibangun ini bisa menjadi contoh dari masjid-masjid negara di dunia dan menampilkan kekhasan Indonesia, menampilkan kekhasan Ibu Kota Nusantara,” ucap Jokowi. (cnn/hm24)

Syahrial Siregar
Syahrial Siregar
Alumni STIK-P Medan. Menjadi jurnalis sejak 2008 dan sekarang redaktur untuk portal mistar.id

Related Articles

Latest Articles