18.8 C
New York
Thursday, August 8, 2024

Kilang Minyak Terbesar Israel Diterjang Ledakan Dahysat

Israel, MISTAR.ID

Ledakan dahsyat menerjang area dekat kilang minyak terbesar Israel di Kota Pelabuhan Haifa, wilayah Palestina yang diduduki Zionis, Minggu (14/1/24). Insiden yang disebabkan ledakan dari dalam fasilitas tersebut tidak menyebabkan korban jiwa maupun luka.

Dilansir dari kantor berita Iran, IRNA, Senin (15/1/24), sejauh ini belum ada informasi lebih lanjut terkait ledakan besar tersebut. Ledakan ini terjadi seminggu setelah kelompok Perlawanan Islam di Irak mengaku bertanggung jawab atas serangan rudal di Haifa yang menargetkan sejumlah pusat penting serta markas komando militer Israel, Minggu (7/1/24) lalu.

Haifa juga menjadi target serangan milisi Lebanon, Hizbullah, yang dimaksudkan untuk membalas agresi Israel di Jalur Gaza, Palestina. Sejak agresi pecah Oktober lalu, kelompok-kelompok perlawanan sekutu Hamas Palestina di Timur Tengah memang gencar menggempur Israel untuk membantu.

Agresi Israel di Jalur Gaza sendiri sudah menewaskan lebih dari 23.900 jiwa, mayoritas anak-anak dan perempuan. Jumlah itu setara dengan satu persen dari 2,3 juta populasi Gaza sebelum agresi.

Baca Juga : Israel Sebut Hamas Rencanakan Serangan

Baik Perlawanan Islam di Irak maupun Hizbullah di Lebanon berjanji bakal terus menargetkan Israel dan sekutu, seperti Amerika Serikat, untuk mendukung perjuangan bangsa Palestina.

Terbaru, milisi Houthi di Yaman juga tak ketinggalan menyerang kapal-kapal yang dinilai terkait dengan Israel di Laut Merah. Situasi di kawasan itu pun panas belakangan lantaran AS meluncurkan rentetan serangan mematikan guna menyetop aksi Houthi. (cnn/hm24)

Syahrial Siregar
Syahrial Siregar
Alumni STIK-P Medan. Menjadi jurnalis sejak 2008 dan sekarang redaktur untuk portal mistar.id

Related Articles

Latest Articles