16.1 C
New York
Sunday, September 29, 2024

Caleg PSI Jadi Ketua PKN Siantar, KPU: DCT Tidak Berubah

Pematang Siantar, MISTAR.ID

Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Pematang Siantar menanggapi perpindahan calon legislatif (caleg) dari Partai Solidaritas Indonesia (PSI), Horas Siantar ke Partai Kebangkitan Nusantara (PKN).

Bahkan Horas ditunjuk menjadi Ketua Pimpinan Cabang (Pimcab) PKN Kota Pematang Siantar.

Ketua KPU Kota Pematang Siantar, M Isman Hutabarat memastikan, sampai saat ini Horas masih menjadi Caleg dari PSI. Sebab tahapan penetapan Daftar Calon Tetap (DCT) telah dilalui.

Baca juga:Jiwa Caleg Terganggu Usai Pemilu, RSJ Prof Ildrem Sumut Siapkan Layanan Psikologi

Isman menerangkan, pihaknya bakal mencoret namanya dari DCT setelah PSI mengajukan permohonan kepada mereka. “Karena yang mendaftarkan Caleg ini kan partai. Jadi yang menarik kadernya untuk tidak berpartisipasi lagi, ya partai,” ucap Isman, pada Jumat (22/12/23).

KPU juga memastikan, Horas tidak bisa lagi mengajukan pencalegan dirinya melalui PKN. “Kembali lagi saya sampaikan, tidak ada lagi perubahan untuk permasalahan seperti itu. Surat suara sudah dicetak,” tegasnya.

Horas dihubungi terpisah membenarkan pengangkatan dirinya menjadi Ketua Pimcab PKN Kota Pematang Siantar. Ia juga telah memberikan berkas Surat Keputusan (SK) struktur PKN Kota Pematang Siantar yang baru.

Terkait pencalegan dirinya melalui PSI, Horas menyangkal keterangan Isman. “Bisa mereka mencoret. Ini kan bukan delik aduan, yang diproses harus ada yang mengadukan,” terangnya.

Baca juga:Kaesang Tanggapi Survei Diperkirakan PSI Gagal ke Senayan

Secara administrasi, Horas mengungkapkan tidak diperbolehkan seseorang berada di 2 partai politik (parpol) maupun lebih. “Dari segi etikanya kan itu tidak boleh. Jadi silahkan saja mereka mencoret,” ungkapnya.

Diketahui Horas merupakan Caleg dari PSI Daerah Pemilihan (Dapil) II. Selain Horas, istrinya, Hermina Sijabat dan anaknya, Samuel juga mengikuti kontestasi Pemilu 2024.

Hermina maju dari Dapil III begitupun sang anak. Samuel sebelumnya dilengserkan dari kursi Ketua DPD PSI Kota Pematang Siantar menyusul manuver ayahnya yang mendukung pasangan Calon Presiden (Capres) dan Calon Wakil Presiden (Cawapres) Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar. (gideon/hm16)

Related Articles

Latest Articles