15.4 C
New York
Tuesday, October 29, 2024

Lewat SADA INA, Pemprov Sumut Pimpin Inovasi Pembangunan

Medan, MISTAR,ID

Pemerintah Provinsi Sumatera Utara terus mengoptimalkan penyelenggaraan Satu Data Indonesia (SADA INA) untuk mendukung prioritas pembangunan 2024-2026.

Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Sumut, Ilyas S Sitorus menyebutkan portal SADA INA SUMUT sudah dapat diakses untuk memenuhi kebutuhan para pengguna data.

Ia menekankan pentingnya harmonisasi program antar sektor untuk mencapai pembangunan yang lebih efektif. Portal SADA INA SUMUT menjadi sumber data penting untuk memenuhi kebutuhan pengguna data.

Baca juga: Pemprov Luncurkan SADA INA: Portal Data Terintegrasi untuk Pembangunan Sumut

“Hingga Desember 2023, Satu Data Indonesia Sumut telah mengelola 303 data statistik sektoral, mencapai pertumbuhan hampir 100 persen dari tahun sebelumnya, melampaui target yang ditetapkan,” ucapnya dalam kegiatan Perumusan Daftar Data Prioritas di Hotel Grand Kanaya, Jumat (15/12/23) malam.

Wakil Koordinator Bidang Data Prioritas Bappenas, Rina Asriyani, menyoroti kualitas Satu Data Indonesia Sumut yang dinilai lebih unggul dibandingkan dengan pusat. Sejauh ini 22 kabupaten/kota di Sumut telah menetapkan regulasi terkait satu data, dengan enam diantaranya memiliki portal, seperti Medan, Serdang Bedagai, Labuhanbatu, Samosir, Pakpak Bharat, dan Deliserdang.

Dengan transformasi digital dan fokus pada layanan publik berkualitas, Sumut mewujudkan visi pembangunan yang berkelanjutan melalui manajemen data yang terintegrasi dan responsif. (Hutajulu/hm17)

Related Articles

Latest Articles