21.9 C
New York
Friday, September 27, 2024

Firli Bahuri Angkat Bicara Terkait Aksi Tutupi Wajah Usai Diperiksa Bareskrim

Jakarta, MISTAR.ID

Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Firli Bahuri angkat bicara setelah riuh tindakannya menutup wajah dengan usai diperiksa di Bareskrim Polri minggu lalu.

Purnawirawan berpangkat Komisaris Jenderal (Komjen) itu diperiksa di Bareskrim Polri, pada Kamis (16/11/23) menjadi saksi di kasus dugaan pemerasan pimpinan KPK terhadap eks Menteri Pertanian (Mentan), Syahrul Yasin Limpo (SYL).

Firli mengaku mobilnya ‘menghilang’ ketika itu. Dirinya dikagetkan mengapa tidak tahu keberadaan kendaraan pribadi miliknya.

Baca juga:Alex Tirta Pastikan Biaya Sewa Rumah Firli Bahuri Bukan Bentuk Gratifikasi

“Saya melihat tidak menemukan kendaraan tersebut. Sehingga seseorang menyampaikan ke saya untuk meminjamkan mobil pribadinya dan mengantar keluar dari tempat,” ucap Firli dalam konferensi pers di gedung KPK, Jakarta Selatan, pada Senin (20/11/23).

Dia juga menyadari kehadirannya di Mabes Polri ketika diperiksa sudah ditunggu banyak pihak. Firli berpendapat, memerlukan jeda untuk mengelakkan sorotan pemberitaan.

“Saya memaklumi rekan-rekan media ketika itu. Dengan kesadaran saya menjadi pejabat publik, namun juga sebagai manusia terkadang butuh tempo untuk jeda,” ungkap pria 60 tahun tersebut.

Ketua lembaga antirasuah periode 2019-2023 berpendapat, keadaan pemeriksaannya di Mabes Polri tidak normal. Hanya saja Firli tidak merincikan maksud penjelasannya tersebut.

Baca juga:Firli Bahuri Diminta Segera Non Aktif Jadi Ketua KPK

“Apalagi sehari sebelumnya saya belum tidur akibat menangani tindak pidana korupsi mengenai penjabat Bupati Sorong,” katanya.

Diakuinya, ada kemelut batin dirasakan kala diperiksa. Sebagai purnawirawan Kepolisian, Firli mengaku, Mabes Polri sepertinya asing baginya ketika itu.

Firli diketahui keluar meninggalkan Bareskrim Polri pada pukul 14.37 WIB, usai diinterogasi, pada Kamis (15/11/23) menjadi saksi. Artinya, kurun waktu 4 jam pria kelahiran Kota Prabumulih, Provinsi Sumatera Selatan (Sulsel) itu diperiksa.

Diketahui dirinya keluar melewati akses utama pejabat Polri di gedung Rupatama Mabes Polri. Bangunan itu memang terkoneksi dengan gedung Bareskrim Polri.

Baca juga:Rumah Ketua KPK Firli Bahuri yang Digeledah Polisi Dicurigai Tempat Pertemuan Bahas Korupsi

Tampak Firli  keluar menumpangi mobil Hyundai hitam dengan nomor polisi (nopol) B 1917 TJQ. Kendaraan yang dinaikinya terus melaju, tanpa menghiraukan wartawan yang terus memanggil dan mengejar.

Kaca mobil tertutup. Namun keberadaan Firli bisa tampak jelas dari luar. Firli dengan ajudannya duduk di kursi bagian tengah kendaraan.

Dirinya duduk menyender dan menutupi mukanya dengan tas berwarna hitam. Firli juga tampak memakai kemeja batik coklat dengan bawahan warna hitam natural. (dtk/hm16)

Related Articles

Latest Articles