16.1 C
New York
Sunday, September 29, 2024

KH Anwar Iskandar Terpilih Jadi Ketum MUI, ini Pesan Wapres

Jakarta, MISTAR.ID

KH Anwar Iskandar terpilih jadi Ketua Umum Majelis Ulama Indonesia (MUI). Hal itu sesuai hasil rapat paripurna yang diselenggarakan di Ballroom Hotel Aryaduta, Menteng, Jakarta Pusat, Jumat (17/11/23).

Rapat dilakukan secara tertutup dan dipimpin langsung Ketua Dewan Pertimbangan MUI yang juga Wakil Presiden RI, KH Ma’ruf Amin.Ma’ruf mengatakan rapat paripurna itu memiliki agenda tunggal hanya menetapkan KH Anwar Iskandar sebagai Ketua Umum MUI menggantikan KH Miftachul Akhyar.

Kiai Anwar merupakan pengasuh Ponpes Mambaul Ulum Banyuwangi dan juga Wakil Rais Aam PBNU. Kiai Anwar terpilih sebagai Ketum MUI dalam Rapat Pleno Dewan Pimpinan MUI Pusat pada 15 Agustus 2023 dan hari ini merupakan pengesahannya.

Baca juga : Buntut Fatwa MUI Boikot Produk Israel, KFC dan Burger King Centre Point Sepi, Richeese Factory Ramai

Kiai Anwar akan memimpin MUI hingga 2025.”Sore ini Majelis Ulama indonesia mengadakan paripurna untuk menetapkan ketua umum yang baru karena terjadi kekosongan karena [Ketua Umum MUI] yang lama, yaitu Kiai Miftachul Akhyar mengundurkan diri,” kata Ma’ruf dalam konferensi pers usai rapat.

Setelah dilakukan proses yang cukup panjang, katanya, sesuai dengan aturan yang berlaku, maka dipilih atau juga sebagai pengganti dari Kiai Miftachul Akhyar.

“Yaitu Kiai Anwar Iskandar, sekarang melalui penetapan sidang paripurna Kiai Anwar Iskandar sah menjadi ketum MUI yang baru,” ujarnya.

Related Articles

Latest Articles