16.9 C
New York
Sunday, October 6, 2024

BI Sumut Gelar Bincang Rupiah dan Pahlawan Bersama Mahasiswa USU

Medan, MISTAR.ID

Bertepatan di Hari Pahlawan, Bank Indonesia (BI) Perwakilan Sumatera Utara edukasi ratusan mahasiswa tentang peran Rupiah dalam perjalanan perjuangan bangsa di Universitas Sumatera Utara (USU) tepatnya di Gelanggang Mahasiswa USU, Jumat (10/11/23).

Edukasi melalui Bincang Rupiah dan Pahlawan (RUPAWAN) ini merupakan kegiatan flagship tahunan yang dilakukan Bank Indonesia yang bertemakan Inspirasi Pahlawan Bagi Generasi Muda Menuju Indonesia Maju.

Kepala Departemen Pengelolaan Uang Bank Indonesia, Marlison Hakim menuturkan, diharapkan dengan adanya kegiatan ini bisa menciptakan sebuah momentum pendidikan yang kuat dan kolaboratif.

“Hal ini juga menjadi momentum bersama untuk membangun spirit juang dan memaknai nilai kepahlawan itu sendiri. Sejatinya, semangat kepahlawan ini menjadi kekuatan para penerus bangsa yakni generasi muda untuk membangun Indonesia terus melaju menuju Indonesia maju,” katanya.

Baca Juga : Hadiri Nuzulul Quran di UISU, Edy Rahmayadi: Mari Sama-sama Kita Besarkan Universitas Ini!

Sehingga, sambungnya, melalui nilai nilai perjuangan, pengabdian, dan pengorbanan para pahlawan selanjutnya menjadi inspirasi bagi generasi muda untuk memberikan yang terbaik kepada Ibu Pertiwi.

Kepada mahasiswa, Ia menjelaskan kehadiran Rupiah tidak hanya sebagai alat pembayaran yang sah di wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI), lebih dari itu Rupiah menjadi simbol kedaulatan dan pemersatu bangsa yang merekatkan keutuhan NKRI dari Sabang sampai Merauke.

“Untuk itu, hingga saat ini Bank Indonesia terus berupaya memastikan ketersediaan Rupiah di seluruh wilayah NKRI dalam jumlah yang cukup, jenis pecahan yang sesuai kebutuhan, tepat waktu, dan kualitas baik serta layak edar,” terangnya.

Baca Juga : Doddy Zulverdi Dikukuhkan Jadi Kepala Perwakilan BI Sumut

Di kesempatan tersebut, BI Sumut juga mengajak mahasiswa untuk Cinta Rupiah dengan senantiasa merawat dan menjaga rupiah. Menunjukkan kebanggan dengan bisa menggunakan Rupiah dalam setiap transaksi.

“Serta pahami peran Rupiah dalam perekonomian dengan belanja produk-produk dalam negeri,” ungkapnya. (anita/hm24)

Syahrial Siregar
Syahrial Siregar
Alumni STIK-P Medan. Menjadi jurnalis sejak 2008 dan sekarang redaktur untuk portal mistar.id

Related Articles

Latest Articles