16.9 C
New York
Sunday, September 8, 2024

Musim Penghujan, Pj Gubernur Sumut Instruksikan Kepala Daerah Perkuat Mitigasi Bencana

Medan, MISTAR.ID

Penjabat (Pj) Gubernur Sumatera Utara (Sumut), Hassanudin menginstruksikan Bupati/Wali Kota se-Sumut untuk melakukan langkah-langkah mitigasi dalam menghadapi puncak musim hujan pada November-Desember 2023.

Langkah itu diperlukan guna mengurangi risiko dan dampak bencana, termasuk kematian, korban luka ataupun kerugian material benda.

Sebagaimana diketahui, letak geografis, topografi, luas wilayah dan kondisi alam Sumut memicu risiko dan potensi bencana yang cukup tinggi, baik secara geologi, maupun hidrometeorologi. Seperti bencana banjir, tanah longsor dan angin puting beliung.

Baca juga : Jokowi: Indonesia Tempati Tiga Teratas Paling Rawan Bencana

“Jadi kita perlukan koordinasi, ini tindakan kemanusiaan dan upaya kita mengurangi risiko bencana bagi masyarakat di wilayah Sumut,” ucap Kepala BPBD Sumut, Tuahta Ramajaya Saragih saat membacakan arahan Pj Gubernur Sumut di Kantor BBMG Jalan Ngumban Surbakti Medan, Sabtu (3/11/23).

Dikatakannya, seluruh Kepala Daerah, agar meneruskan beberapa pesan kewaspadaan kepada masyarakat di wilayahnya masing-masing. Di antaranya, masyarakat yang bertempat tinggal di bantaran sungai.

Menurutnya, ketika intensitas curah hujan semakin tinggi yang dapat mengakibatkan banjir, banjir bandang, rawan abrasi yang berakibat longsor dan berdampak kepada pemukiman, agar meningkatkan kesiapsiagaan dengan mengurangi aktivitas di luar rumah.

Related Articles

Latest Articles