16.1 C
New York
Sunday, September 29, 2024

KSRelief Arab Saudi Jajaki Kerjasama dengan RS Adam Malik

Medan, MISTAR.ID

King Salman Humanitarian Aid and Relief Centre atau King Salman Relief (KSRelief) dari Arab Saudi menjajaki kerjasama dengan Rumah Sakit Umum Pusat Haji Adam Malik (RSUP HAM) Medan.

Yayasan milik pemimpin Arab Saudi, Raja Salman bin Abdulaziz ini datang berkunjung bersama timnya ke Pusat Jantung Terpadu (PJT) RSUP HAM milik Kementerian Kesehatan yang ada di Medan, Sumatera Utara, kemarin.

Direktur Medik dan Keperawatan RSUP HAM dr Otman Siregar SpOT(K) Spine, menjelaskan, kunjungan perwakilan KSRelief tersebut bertujuan menindaklanjuti peluang kerja sama peningkatan pelayanan kesehatan jantung di Indonesia, termasuk di RSUP HAM.

Baca Juga: DPRD Medan Dorong Pemko dan PUD Pasar Benahi Pasar Kwala Bekala

“Apalagi RSUP HAM saat ini sebagai rumah sakit pengampu regional wilayah Sumatera Bagian Utara dalam layanan kardiovaskular. Nah, kunjungan dari KSRRelief ini dalam rangka penjajakan untuk kerja sama dalam pelayanan jantung,” katanya, Jumat (3/11/23).

Dalam pertemuan itu, dr Otman menjelaskan telah mempresentasikan profil RSUP HAM dan layanan kardiovaskular sebagai salah satu layanan unggulan di rumah sakit Tipe A ini kepada para perwakilan KSRelief dan seluruh tamu lainnya.

Kunjungan ini juga dirangkai dengan hospital tour ke sejumlah ruangan di PJT RSUP HAM, di antaranya ruang Cathlab, ruang Bedah Jantung, ruang ICU Jantung dan ruang IGD Jantung.

Baca Juga: APHI Komda Sumut-Aceh Minta Pelaku Pembakaran Hutan HTI dan Alam Ditindak Tegas

“Sehari sebelumnya Tim Pengampu RS Jejaring Kardiovaskular Nasional dari RSJPD Harapan Kita Jakarta juga sudah lebih dulu sampai di RSUP HAM. Tim tersebut datang untuk melakukan visitasi pengampuan layanan kardiovaskular, terutama layanan kardiovaskular pediatrik atau penyakit jantung pada anak-anak,” bebernya.

Seperti diketahui, RSUP HAM yang memiliki Pusat Jantung Terpadu (PJT) RSUP HAM
menjadi rumah sakit rujukan program wisata medis oleh Kemenkes RI.

“Layanan Jantung masih menjadi layanan unggulan dalam program wisata medis. Hingga Januari-September 2023 jumlah pasien yang berkunjung ke untuk pasien rawat jalan ada 17.153 kujungan dan pasien rawat inap ada 2.186 kunjungan,” tambah Sub Koordinator Hukum, Organisasi dan Humas RSUP H Adam Malik, Rosario Dorothy Simanjuntak. (Anita/hm22)

Related Articles

Latest Articles