18.6 C
New York
Friday, September 27, 2024

Pertengahan 2024, Pemerintah Pastikan Pembangunan Rumah Sakit di IKN Tepat Waktu

Jakarta, MISTAR.ID

Menteri Kesehatan RI, Budi Gunadi Sadikin memastikan pembangunan beberapa rumah sakit di Ibu Kota Baru (IKN) Nusantara akan tepat sasaran, yakni pada pertengahan tahun 2024.

“Sebelum 17 Agustus 2024, ada empat rumah sakit yang ditargetkan selesai, terdiri dari satu rumah sakit vertikal dan tiga rumah sakit swasta,” ujarnya, Kamis (2/11/23).

Dia memastikan tidak ada kendala yang ditemui terkait bangunan rumah sakit maupun alat kesehatan. Namun, ia mengakui tantangan ketersediaan tenaga kesehatan di rumah sakit milik IKN.

Baca juga:Jokowi Kunjungan Kerja ke IKN, Cek Progres Pembangunan

Untuk itu, Sadikin menyatakan pemerintah akan membuka peluang kerja sama dengan beberapa pihak untuk meningkatkan kapasitas dan kapabilitas dokter di Indonesia.

Ia juga menyarankan agar rumah sakit tersebut dapat memberikan pelayanan bagi peserta Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) yang diselenggarakan oleh Badan Penyelenggara Jaminan Kesehatan (BPJS) Kesehatan. Dengan demikian, semakin banyak masyarakat yang dapat memperoleh manfaat layanan kesehatan berkelas internasional.

“Terima kasih sudah memulai pembangunan infrastruktur rumah sakit ini. Selain pelayanan kesehatan, mohon juga menerima pasien BPJS,” tandasnya.

Pada kesempatan terpisah, Presiden Joko Widodo (Jokowi) sempat mengatakan, pembangunan rumah sakit tersebut akan semakin memperkuat kepercayaan masyarakat dan investor sehingga tidak ragu untuk menginap di IKN.

Baca juga:Pembangunan Gedung Istana Negara dan Lapangan Upacara di IKN Habiskan Anggaran Rp1,34 Triliun

Presiden mencatat, fasilitas kesehatan di IKN selalu dipertanyakan masyarakat yang ingin pindah ke ibu kota baru. Ia kemudian menjelaskan, rumah sakit tersebut akan dibangun berdasarkan standar internasional dengan konsep smart and green building dengan memanfaatkan energi terbarukan dan dukungan digitalisasi smart house.

“Berbagai fasilitas pendukung akan terus kami bangun agar semakin banyak masyarakat yang mau tinggal di IKN dan menjadikan kawasan ini sebagai ibu kota yang hidup, ramai, modern, maju, dan ramah lingkungan,” tegasnya.(antara/hm17)

Related Articles

Latest Articles