24.4 C
New York
Saturday, August 3, 2024

Natalia Tjahja Bangga, Lagu Ciptaannya Digunakan Pada Upacara Pembukaan Asian Para Games 2022

Hangzhou, MISTAR.ID

Pencipta lagu Natalia Tjahja sekaligus Pendiri Yayasan Maria Monique Last Wish membagikan inspirasinya saat membuat anthem untuk Komite Paralimpiade Asia (APC) yang dibawakan pertama kali saat upacara pembukaan Asian Para Games 2022 Hangzhou, Minggu (22/10/23).

Natalia menyebutkan, inspirasi terbesarnya didorong oleh keinginan untuk meninggalkan sebuah warisan di dunia Paralimpiade Asia.

“Saya ingin membuat legacy untuk Asian Paralympic sesuai kehendak Tuhan, tanpa dibayar, bahkan royalty-nya pun saya berikan kepada APC,” kata Natalia pada Senin (23/10/23).

Baca juga:Rehan/Lisa Kecewa Usai Kalah di Putaran Pertama Asian Games 2023

Natalia mengaku tak menyangka bahwa lagu yang dia ciptakan bersama musisi kawakan Indonesia Dwiki Dharmawan itu terpilih sebagai lagu yang diputar saat pengibaran bendera APC pada setiap upacara pembukaan Asian Para Games, diawali dari perhelatannya di edisi keempat.

Asian Para Games 2022 Hangzhou dibuka dengan memutar empat lagu, yaitu lagu nasional China, lagu tema Asian Para Games 2022, lagu yang mengiringi defile atlet Asia dan anthem APC yang ia gubah.

“Saya menyaksikan sendiri bagaimana lagu ini di-launching. Diiringi oleh para juara dunia China membawa bendera Asian Paralympic Committee hingga menaikkan bendera tersebut setinggi bendera negara China dan menjadi lagu untuk membuka Asian Para Games Hangzhou,” jelas Natalia.

Baca juga:Sumbang Medali di Asian Games 2022, Harris dan Samuel Disambut Meriah di Sumut

Wanita yang juga menggubah lagu anthem “The Greatest Love of APSF” untuk ASEAN Para Games 2023 Kamboja tersebut juga berharap, anthem APC dapat menjaga nilai persatuan dan kedamaian antarnegara Asia di setiap generasi.

Pada kesempatan berbeda, Presiden APC Majid Rashed mengaku senang memiliki lagu baru dipakai dalam ajang olahraga Asia para Games terbesar selain Paralimpiade,

“Rasanya selalu emosional saat bendera Paralimpiade Asia dikibarkan, dan pada pembukaan Asian Games 2022 Hangzhou, akan lebih emosional lagi saat lagu baru kami dikumandangkan,” kata Rashed dalam laman resmi APC.

Related Articles

Latest Articles