23 C
New York
Sunday, July 21, 2024

Fokus Lensa : Banting dan Kunci

Medan, Mistar.id

Judo adalah salah satu cabang olahraga beladiri yang berasal dari Jepang. Kini Judo merupakan olahraga terpopuler di dunia.

Bela diri Judo diciptakan oleh Profesor Jigoro Kano atau Maha Guru Kano dari Jepang pada tahun 1882. Judo dalam bahasa Jepang disebut juga dengan “Nippon Den Kodokkan.

Di Medan sendiri, padepokan Judo atau disebut Dojo  berdiri tahun 1993 lalu yang bertempat di jalan Gaharu, didirikan oleh Ketua Persatuan Judo Seluruh Indonesia (PJSI) waktu itu  Wismoyo Arismunandar.

Bantingan merupakan teknik serangan jarak dekat dengan menangkap salah satu komponen tubuh lawan lalu mendorong atau menarik, kemudian dihempaskan.

Teknik kuncian (katame waza) disebut juga teknik berbaring (ne waza) karena teknik ini dilakukan ketika seorang judoka atau lawannya berbaring menghadap ke atas atau ke bawah.

Sementara ippon adalah satu angka yang diperoleh saat seorang atlet judo (judoka) berhasil membanting lawan dengan menerapkan teknik atau menyerang. (Bobby)

Teknik kuncian (katame waza)
Teknik kuncian (katame waza) disebut juga teknik berbaring (ne waza) karena teknik ini dilakukan ketika seorang judoka atau lawannya berbaring menghadap ke atas atau ke bawah. (f: Bobby/Mistar.id)
Pelatda Judo Membanting
Peserta Pelatda Judo PON Sumut melakukan tehnik Membanting pada Dojo (Padepokan) Judo Medan (f: Bobby / Mistar.id)
Berdiskusi
Peserta Pelatda Judo PON Sumut berdiskusi saat jeda di Padepokan Judo jalan Gaharu Medan (F: Bobby / Mistar.id)

Related Articles

Latest Articles