16.5 C
New York
Monday, September 30, 2024

Jelang AWC 2023, Polres Samosir Bersihkan Eceng Gondok di Danau Toba 

Samosir, MISTAR.ID

Jelang perhelatan Aquabike World Championship (AWC) pada 24 November 2023 mendatang, personel Polres Samosir dan Polsek jajaran serta instansi terkait, melakukan pembersihan eceng gondok di peraian Danau Toba, Jumat (29/9/23).

Pembersihan eceng gondok sudah ditetapkan sebagai agenda rutin oleh Polres Samosir di wilayah hukumnya setiap hari Jumat sebagai persiapan menuju perhelatan Aquabike World Championship.

Saat apel kesiapan, Wakapolres Kompol Saut T Panggabean yang memimpin kegiatan tersebut mengingatkan personel yang membersihkan eceng gondok untuk menjalankan tugas dengan ikhlas dan penuh dedikasi.

Baca Juga: Sambut Kejuaraan Dunia Aquabike 2023 di Danau Toba, Warga Bersihkan Eceng Gondok

Personel Polres Samosir membersihkan eceng gondok di daerah Kecamatan Pangururan yang mencakup Water Front City mulai dari Alur Tano Ponggol sampai ke depan Kantor Dinas Perhubungan.

Selain itu juga dilaksanakan pembersihan di Kecamatan Harian, Nainggolan dan Simanindo.

Dalam melakukan pembersihan, personel Polres Samosir mempergunakan alat sederhana untuk mengangkut eceng gondok dari pantai dan membawanya ke truk.

Baca Juga: Sambut Kejuaraan Dunia Aquabike 2023 di Danau Toba, Warga Bersihkan Eceng Gondok

Kabag Ops Polres Samosir, Kompol M Hasan mengatakan, ada beberapa kendala saat kegiatan pembersihan karena eceng gondok sudah tumbuh lebat dan saling mengikat.

“Sehingga menyulitkan upaya pengangkatan dan memerlukan bantuan alat berat dan kapal untuk menggeser eceng gondok yang tidak dapat dijangkau dari daratan,” katanya.

Hasan juga menambahkan, bahwa kegiatan pembersihan eceng gondok berjalan aman dan akan dilanjutkan kembali pada hari Jumat (6/10/23) mendatang. (Josner/hm22)

Related Articles

Latest Articles