19.1 C
New York
Saturday, September 28, 2024

Taksi Terbang Disebut-sebut Jadi Transportasi di IKN

Jakarta, MISTAR.ID

Salah satu moda transportasi yang diklaim akan hadir di Ibu Kota Negara (IKN) adalah taksi terbang. Rencananya, uji coba taksi terbang ini akan dilakukan sebelum perayaan HUT RI ke-79, yakni 17 Agustus 2024.

Mohammed Ali Berawi, Deputi Bidang Transformasi Hijau dan Digital, menyatakan tujuan diadakannya taksi terbang untuk perkembangan IKN sebagai kota pintar atau smart city.

“Kami membicarakan rencana tahun depan untuk membuktikan konsep bagaimana mobil otonom (kendaraan otonom) siap untuk diuji di tingkat nasional. Rencana uji coba taksi terbang ini akan dilaksanakan sebelum HUT RI ke-79,” kata Ali, Jumat (22/9/23).

Baca juga: Kementerian PUPR Menyiapkan Ratusan Tenaga Kerja Samarinda untuk IKN

Sebagai infrastruktur pendukung, Organisasi Ibu Kota Negara (OIKN) telah menyiapkan beberapa fasilitas. Sebut saja landasan taksi terbang (helipad), Intelligent Transport System (ITS) di mana kendaraan elektrik atau kendaraan otonom yang akan membawa penumpang ke helipad taksi hanya perlu menggunakan satu aplikasi.

“IKN menerapkan ITS mulai dari kendaraan otonom, bus listrik, dan sebagainya,” tambahnya.

Saat ini, taksi terbang masih dalam tahap pengembangan. Ali berharap sumber daya manusia (SDM) Indonesia mampu menguasai teknologi ini.

Baca juga: Hasil Rapat Terbatas, PANRB Siapkan 11 Ribu ASN Bertugas di IKN

“Menurut saya, momentum ini hanya ada melalui pembangunan IKN, dan harus dimanfaatkan. Kami berharap teknologi ini dapat memberikan nilai tambah dengan menciptakan, mengembangkan, dan meningkatkan kapasitas SDM Indonesia,” bebernya.

Perlu diketahui, tarif taksi terbang sendiri setara dengan tarif taksi premium di Jakarta, yaitu sekitar Rp 750 ribu. (mtr/hm20)

Related Articles

Latest Articles