24.2 C
New York
Friday, July 19, 2024

PDIP Sepakati Gagasan Ganjar Soal Gaji Guru Rp30 Juta, Berapa Gaji PNS dan Guru Honorer saat ini?

Jakarta, MISTAR.ID

Bakal calon Presiden (Bacapres) Ganjar Pranowo dikabarkan menjanjikan kenaikan gaji guru hingga Rp30 juta. Hal tersebut diungkapkan Ganjar saat diwawancarai Rheinaldi Kasali melalui akun YouTube miliknya.

“Menurut saya gaji yang layak untuk guru adalah Rp30 juta, sedangkan untuk yang baru mulai mengajar sekitar Rp10 juta,” kata Ganjar.

Ia mengatakan hal itu bisa dilakukan secara bertahap. Janji tersebut dibenarkan oleh Politikus PDI Perjuangan, Andreas Hugo Pareira.

Baca juga : Polri Sudah Keluarkan SKCK Muhaimin Iskandar dan Ganjar Pranowo

Menurut Andreas, gagasan ini merupakan langkah maju yang besar dalam memajukan profesi guru agar dapat hidup bermartabat.

“Kalau bicara pengembangan sumber daya manusia, bicaranya soal pendidikan. Orang yang ada di bidang pendidikan harus sejahtera dan gaji guru harus ditingkatkan,” tandasnya.

Besaran gaji PNS dan Guru honorer saat iniJabatan dan Kepangkatan Guru telah diatur dalam Peraturan Menteri Nomor 16 Tahun 2019 tentang Pendayagunaan Aparatur dan Reformasi Birokrasi Jabatan dan Kepangkatan Guru, pasal 12 Ayat 1 menjelaskan bahwa gaji fungsional posisi mengajar diatur, dari terendah hingga tertinggi, juga digunakan untuk mengklasifikasikan gaji.

Related Articles

Latest Articles