19.1 C
New York
Thursday, August 8, 2024

Audiensi IKEIS, Susanti: Pemko Siantar akan Terus Dorong Pelestarian Budaya Simalungun

Pematang Siantar, MISTAR.ID

Wali Kota Pematang Siantar, Susanti Dewayani mendukung seluruh kegiatan Ikatan Keluarga Islam Simalungun (IKEIS) setempat.

Ia juga menyatakan, Pemko Pematang Siantar akan terus mendorong pelestarian budaya Simalungun.

Hal itu disampaikan Susanti saat menerima audiensi pengurus IKEIS Kota Pematang Siantar, di kantor Wali Kota, Jalan Merdeka, pada Selasa (29/8/23).

Baca juga: IKEIS Dukung Program Pemko Siantar

“Pemko Pematang Siantar terus mendorong dan mendukung promosi budaya dan pelestarian esensi budaya, dalam hal ini budaya Simalungun,” sebut dia.

Dia menuturkan, Kota Pematang Siantar juga patut bangga, dimana pakaian khas Simalungun dibawa dalam ajang nasional, seperti di kegiatan Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia (Apeksi) wilayah dan nasional.

“Dengan bangga kita pamerkan dan diperkenalkan pada khalayak masyarakat nusantara pakaian khas Simalungun,” kata Susanti.

Baca juga: Karnaval dan Pawai Budaya Rakernas APEKSI XVI di Makassar Pemko Siantar Perkenalkan Budaya Simalungun

Selain itu, Susanti mengucapkan terima kasih atas dukungan dan bantuan moral yang diberikan IKEIS Kota Pematang Siantar kepada pemerintah daerah.

Bahkan meminta IKEIS untuk selalu bersinergi dan berkolaborasi dengan pemerintah, dengan memberikan masukan dan kritik yang membangun kemajuan Kota Pematang Siantar.

“Ini guna mewujudkan kota ini yang Sehat, Sejahtera, dan Berkualitas dalam bingkai Sapangambei Manoktok Hitei,” tukasnya.

Baca juga: Tim Ahli Cagar Budaya Simalungun akan Kaji Konservasi Rumah Bolon

Sementara itu, Ketua IKEIS Kota Pematang Siantar, Lisman Saragih mengatakan, organisasi yang dipimpinnya ini mendukung program-program Wali Kota. Lisman juga mengharapkan, Pemko Pematang Siantar untuk menghidupkan kembali budaya-budaya Simalungun di daerah itu.

“Harapan kami juga, agar budaya Simalungun ini didukung oleh dinas-dinas pemerintahan Kota Pematang Siantar yang terkait. Kami juga bermohon kepada ibu Wali Kota, kiranya ada kegiatan-kegiatan Pemko Pematang Siantar, mohonlah kami dilibatkan,” ujarnya. (yetty/hm16)

Related Articles

Latest Articles