17.2 C
New York
Sunday, September 29, 2024

Dinilai Berperan Sangat Penting Bentuk SDM, Gubernur Edy Naikkan Honor Guru Jadi Rp90.000 per Jam

Medan, MISTAR.ID

Dinilai berperan sangat penting karena pendidikan dipandang sebagai kebutuhan dasar untuk membentuk SDM, Gubernur Sumatera Utara (Sumut) Edy Rahmayadi naikkan honor guru dari Rp40.000 per jam menjadi Rp90.000 per jam.

Hal itu dikatakan Gubernur Sumut, Edy Rahmayadi saat menghadiri Seminar Internasional mengenai Pendidikan Moderasi Beragama di Madrasah, Minggu (13/8/23).

Edy juga menyebutkan selama menjabat sebagai Gubernur Sumut, subsidi pendidikan sebesar 20% dari APBD.

Baca juga : Silaturahmi dengan Veteran, Gubernur Edy: Jangan Lupakan Sejarah

Menurutnya, peran guru sangat penting dalam dunia pendidikan untuk menciptakan dan membentuk sumber daya manusia (SDM) yang berkualitas dan unggul. Pendidikan adalah kebutuhan dasar, selain sosial dan kesehatan.

“Kualitas suatu negara ditentukan oleh sumber daya manusianya, bukan sumber daya alamnya. Masalah pendidikan dan kesehatan menjadi prioritas mendasar untuk pembentukan sumber daya manusia. Singapura, mereka memiliki sumber daya manusia yang terampil dengan sumber daya alam yang terbatas, mereka bisa lebih maju,” kata Edy Rahmayadi.

Dalam acara itu, Edy menyebut beberapa negara yang dinilai maju berkat kontribusi para guru. Seperti Singapura, Malaysia, Brunei Darussalam, Jepang dan lainnya.

Related Articles

Latest Articles