21.4 C
New York
Friday, September 27, 2024

KPPU Duduk Bersama Perpadi, Apakah Ada Spekulan Terkait Harga Beras Naik?

Medan, MISTAR.ID

Belakangan ini harga beras merangkak naik di Kota Medan, Sumatera Utara (Sumut). Guna mengantisipasi semakin naiknya harga beras ini Komisi Pengawas Persaingan Usaha (KPPU) Kanwil I duduk bersama Persatuan Pengusaha Penggilingan Beras dan Padi (Perpadi) Sumut untuk membahas hal tersebut.

Diskusi yang dilakukan di Kantor Kantor Sekretariat Perpadi Sumut ini juga untuk menggali potensi permasalahan persaingan tidak sehat dalam distribusi beras yang dapat berimbas pada terjadinya kenaikan harga.

Kepala KPPU Kantor Wilayah I Medan, Ridho Pamungkas didampingi Kepala Bidang Kajian Advokasi Shobi Kurnia menuturkan persoalan fenomena kenaikan harga beras yang dimulai sejak Agustus 2022 sampai dengan saat ini.

Baca juga : KPPU Medan: Harga Beras, Daging dan Migor Mulai Naik Jelang Ramadhan

“Jika diperbandingkan Agustus 2022 dengan Juli 2023, untuk beras medium terdapat kenaikan sebesar Rp1.600 an per kg. Selain itu harga beras untuk Sumut juga selalu diatas Harga Eceran Tertinggi (HET), dimana untuk medium HET dipatok Rp11.500, sementara di pasar sudah diatas Rp12.500 per kg,” sebut Ridho saat bertemu pengurus Perpadi Sumut, Jumat (11/8/23).

Katanya lagi, data lain di tahun 2022 juga menyebutkan bahwa jumlah produksi padi dan beras di Sumut mengalami kenaikan di tahun 2022 dan realisasi penyaluran Cadangan Beras Pemerintah (CBP).di Sumut juga mengalami lonjakan sejak Agustus 2022, namun harga tidak beranjak turun.

Related Articles

Latest Articles