21.7 C
New York
Monday, October 7, 2024

Mentan: Kalau Sumut Sudah Aman, Indonesia Aman

Medan, MISTAR.ID

Menteri Pertanian (Mentan) Republik Indonesia Syahrul Yasin Limpo (SYL) mengatakan ketersediaan pangan di Provinsi Sumatera Utara, sudah mencukupi kebutuhan masyarakat.

Hal itu dikatakannya saat kunjungan kerjanya pada Rapat Rapat Koordinasi Penanggulangan Dampak El Nino di Provinsi Sumut di Kantor Gubsu, Jumat (4/8/2023).

Dalam sambutannya, Mentan Syahrul meminta Gubsu Edy Rahmayadi untuk berkontribusi mengantisipasi dampak El Nino. Jika El Nino terjadi, sebutnya, maka akan terjadi kekeringan di beberapa wilayah di Indonesia.

Baca Juga: Belum Ada Dampak El Nino Terhadap Petani di Tebing Tinggi

“Dari apa yang bisa saya pahami dan pengalaman saya yang cukup panjang dalam kehidupan birokrasi pemerintahan. Maaf saya mulai dari lurah, camat, sekwilda, bupati, wakil gubernur, gubernur sampai sekarang. Kalau Sumatera Utara sudah aman, maka saya sudah aman, aman Indonesia kita,” kata dia diiringi tepuk tangan hadirin.

Kepentingan pangan masyarakat Sumut, sebutnya, sudah selesai. Mentan pun mengaku langsung mendapat tanggapan dari Gubernur mengenai hal tersebut.

“Saya apresiasi Gubernur, kepentingan pangan untuk rakyat Sumut sudah selesai. Tapi Sumut harus berkontribusi bagi rakyat Indonesia dari Sabang sampai Merauke, hari ini saya mendapatkan komitmen (kontribusi) itu dari Gubernur Sumut,” ucap Syahrul di Aula Raja Inal Siregar, Jalan Diponegoro Medan.

Baca Juga: Antisipatif El Nino, Presiden Minta BUMN Tambah Bantuan Sembako ke Masyarakat

Lebih lanjut dikatakan Syahrul, pihaknya akan terus bersinergi dengan Pemprov Sumut untuk meningkatkan produktivitas pertanian yang sudah surplus di Sumut. Sehingga pangan dari Sumut dapat membantu wilayah lain di Indonesia, yang kekurangan. Kementerian Pertanian pun siap menyediakan alat mesin pertanian sebanyak 100 unit untuk Sumut. (Jonatan/hm22)

Related Articles

Latest Articles