15.9 C
New York
Monday, September 9, 2024

Pertama di Sumut, Polres Batu Bara Gelar Apel Kesiapan Penanganan Karhutla

Batu Bara, MISTAR.ID

Polres Batu Bara bersama Forkopimda Kabupaten Batu Bara dan instansi terkait menggelar Apel Kesiapan Penanganan Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla) di Lapangan Bola Kaki Kelurahan Lima Puluh Kota, Kecamatan Lima Puluh Kabupaten Batu Bara, Selasa (1/8/23).

Kegiatan yang dihadiri Bupati Batu Bara, Zahir mengatakan kegiatan Apel Kesiapan Penanganan Karhutla yang dilaksanakan Polres Batu Bara merupakan yang pertama kali di jajaran Polda Sumatera Utara.

“Sehingga diharapkan kegiatan ini mampu meningkatkan kesiapsiagaan seluruh personel siaga Karhutla,” kata Zahir.

Lanjutnya, ini merupakan wujud kesiapan seluruh pihak apabila nantinya terjadi musibah bencana berupa kebakaran hutan maupun lahan.

Baca juga: Pemkab dan Polresta Deli Serdang Ajak Semua Pihak Cegah Karhutla

“Apel ini juga untuk mempersiapkan berbagai sarana dan prasarana yang kita miliki agar bisa dipergunakan sebaik-baiknya saat musibah tersebut terjadi,” kata Zahir.

Tak lupa, Zahir memberikan apresiasi kepada Kapolres karena telah menggelar acara ini. Khususnya membuat inovasi dengan memodifikasi sepeda motor Bhabinkamtibmas menjadi alat pemadam api.

“Ini merupakan gagasan cemerlang yang sangat berguna untuk masyarakat. Khususnya bagi warga Kabupaten Batu Bara,” lanjutnya.

Selesai Apel, dilaksanakan simulasi pemadaman lahan terbakar yang disaksikan oleh seluruh Forkopimda, tamu dan Undangan yang hadir, serta peserta Apel.

Baca juga: Waspada, Karhutla di Kalimantan Selatan Sudah Ratusan Hektare

Simulasi yang dipandu Kapolres Batu Bara AKBP Jose DC Fernandes menggunakan sepeda motor Bhabinkamtibmas yang sudah dimodifikasi menjadi alat pemadam api.

Melalui simulasi, diketahui sepeda motor Bhabinkamtibmas yang telah dimodifikasi berhasil memadamkan api dalam waktu singkat. Laju air yang dikeluarkan bisa mencapai hingga jarak 50 meter dan diyakini mampu menyasar di wilayah pemukiman penduduk yang sempit.

Sebagaimana diketahui, wilayah pemukiman penduduk yang sempit sangat sulit dilalui oleh mobil Pemadam Kebakaran (Damkar) yang berukuran besar.

“Jadi dengan menggunakan sepeda motor Bhabinkamtibmas yang telah dimodifikasi sehingga pada kejadian musibah kebakaran terjadi, dapat dengan cepat diminimalisir sedini mungkin oleh personel Bhabinkamtibmas Polres Batu Bara,” jelas Kapolres AKBP Jose DC Fernandes. (Ebson/hm20)

Related Articles

Latest Articles