16.1 C
New York
Sunday, September 29, 2024

Australia Umumkan Nama 4 Prajurit yang Gugur Dalam Kecelakaan Helikopter

Sydney, MISTAR.ID

Panglima Angkatan Darat Australia telah merilis nama empat awak yang diyakini tewas dalam kecelakaan helikopter Angkatan Bersenjata Australia di Samudera Pasifik. Pencarian kru helikopter terus berlanjut.

Sebagai informasi, helikopter MRH-90 berpartisipasi dalam latihan militer dua tahunan Talisman Sabre antara Amerika Serikat dan Australia ketika mendarat di perairan dekat Pulau Hamilton, sekitar 890 kilometer (550 mil) selatan ibu kota negara bagian, Brisbane, utara.

Seperti diberitakan Reuters, Minggu (30/7/23), Panglima Angkatan Darat Letnan Jenderal Simon Stuart mengatakan kepada media di Sydney bahwa tentara yang hilang itu adalah Kapten Daniel Lyon, Letnan Maxwell Nugent, Perwira Kelas Dua Joseph Laycock dan Kopral Alexander Naggs.

Baca juga: Helikopter Militer Australia Jatuh Saat Latihan Gabungan, 4 Orang Dinyatakan Hilang

Keempatnya adalah anggota Resimen Penerbangan ke-6 Angkatan Darat Australia, yang berbasis di Sydney. Dia mengatakan, pencarian keempat orang itu masih berlangsung.

“Mari kita fokus membawa mereka pulang,” kata Stuart.

Dia mengatakan militer tidak akan menggunakan helikopter MRH-90 sampai dianggap aman.

Sementara itu, Menteri Pertahanan Richard Marles mengatakan kepada wartawan di Townsville, Queensland bahwa penyelidikan akan dilakukan atas kecelakaan itu.

Baca juga: Evakuasi Pesawat SAM Air Gunakan Helikopter Militer TNI AU

Kecelakaan helikopter membayangi pertemuan tahunan Australia-AS akhir pekan ini. Akan ada Dialog Tingkat Menteri (AUSMIN) antara Menteri Luar Negeri AS Antony Blinken dan Menteri Pertahanan Lloyd Austin dan mitra Australia mereka di Queensland.

“Saya berdoa untuk empat warga Australia yang terlibat dalam kecelakaan helikopter itu,” kata Lloyd di Townsville, berbicara kepada tentara yang ambil bagian dalam Talisman Saber.

Sebelumnya, puing-puing helikopter militer Australia yang jatuh di Samudera Pasifik ditemukan. Namun, sejauh ini belum ada tanda-tanda hilangnya empat ABK tersebut.

Personel militer dari setidaknya tiga negara telah bergabung dengan polisi Australia dalam pencarian empat awak helikopter MRH-90 Taipan yang jatuh pada Jumat malam waktu setempat di perairan subtropis lepas pantai timur laut Australia.

Baca juga: Helikopter Tempur Israel Tewaskan 5 Warga Palestina

Dilansir dari AFP, Sabtu (29/7/23), helikopter ini ikut serta dalam latihan besar-besaran Talisman Saber. Dengan partisipasi 30.000 tentara dari Australia, AS, dan sejumlah negara lainnya.

Helikopter itu jatuh di perairan dekat Kepulauan Whitsunday saat terlibat dalam operasi malam.

Inspektur Polisi Queensland Douglas McDonald mengatakan: “Kami telah menemukan puing-puing yang tampaknya berasal dari helikopter yang hilang. (Mtr/hm21).

Related Articles

Latest Articles