14.4 C
New York
Friday, October 4, 2024

Ganjar Optimis Jokowi Memiliki 1 Calon yang Didukung di Pilpres

Jakarta, MISTAR.ID

Bakal Calon Presiden (Bacapres) Ganjar Pranowo optimis jika Presiden Joko Widodo telah memiliki 1 orang calon yang didukung di Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024 mendatang.

Gubernur Jawa Tengah ini juga menilai, semua harus menghormati pilihan Presiden Indonesia ke 7 itu.

“Pasti beliau memiliki 1 dukungan, tak mungkin mendukung 2 capres sekaligus. Masa dukungannya 2, kan yang dipilih 1,” ucap Ganjar usai acara di Pos Bloc, Jakarta Pusat, pada Sabtu (29/7/23).

Baca juga: Ditugaskan Jokowi, Tim 7 Bertujuan Memenangkan Ganjar Pranowo

Lanjutnya, Capres dukungan Jokowi ditentukan oleh dirinya sendiri. Menurutnya, keputusan dari Jokowi itu wajib dihormati siapapun, karena merupakan hak politik bersangkutan.

Hingga saat ini ada 3 nama Bacapres muncul di publik, yakni Ganjar Pranowo, Prabowo Subianto dan Anies Baswedan.

Ganjar diusung PDI Perjuangan, Partai Persatuan Pembangunan (PPP), Perindo dan Hanura.

Sementara Prabowo digadang-gadang Partai Gerindra bersama Partai Kebangkitan Bangsa (PKB). Ketua Umum (Ketum) Gerindra ini belum juga mengumumkan pendampingnya, walaupun disebut-sebut akan berpasangan dengan Muhaimin Iskandar alias Cak Imin.

Baca juga: Konflik Golkar, Jokowi Sebut Istana Tak Pernah Mencampuri

Sedangkan Anies didukung Partai Nasdem, Partai Keadilan Sejahtera (PKS) dan Demokrat. Mantan Gubernur DKI itu juga belum mengumumkan siapa Bakal Calon Wakil Presiden (Bacawapres) nya.

Dari ketiga nama Bacapres, Jokowi disebut akan mendukung antara Prabowo atau Ganjar. Diperkirakan Ganjar bakal didukung, karena rekan satu partai Jokowi di PDI Perjuangan.

Hanya saja, Jokowi juga disebut akan mendukung Prabowo, walaupun sempat sebagai saingan di Pilpres 2019 lalu.(cnn/hm16)

Related Articles

Latest Articles