18.5 C
New York
Saturday, September 28, 2024

Meresahkan, DPRD Medan Minta Kepolisian Usut Tuntas Kelompok Begal

Medan, MISTAR.ID

Aksi begal di Kota Medan terus menjadi perhatian semua pihak. Betapa tidak, aksi bandit jalanan tersebut sudah sangat meresahkan dan seakan menjadi teror bagi masyarakat di Kota Medan. Sudah banyak masyarakat yang menjadi korbannya, baik yang mengalami luka ringan hingga meninggal dunia akibat perbuatan sadis para bandit jalanan tersebut.

Menanggapi kondisi itu, Wakil Ketua DPRD Medan Rajudin Sagala meminta pihak kepolisian dalam hal ini Polda Sumut dan Polrestabes Medan untuk mengusut tuntas kelompok-kelompok para pelaku begal tersebut.

“Dalam kasus begal ini, kita juga ingin para penampung barang curiannya (penadah) diamankan, sehingga tidak hanya pelaku utamanya saja yang diamankan. Sebab, terkadang para pelaku begal beraksi karena ada ‘pesanan’ dari penadah,” ucap Rajudin, Kamis (20/7/23).

Baca juga: Tanggapi Maraknya Begal di Medan, Pengamat Hukum: Penegakannya Belum Baik

Dikatakan Rajudin, kondisi Kota Medan saat ini sangat mengkhawatirkan. Sebab, koni para pelaku begal tidak hanya melakukan aksinya di jalan umum, melainkan sampai ke dalam gang-gang pemukiman warga.

“Tindakan tegas terhadap pelaku begal memang harus dilakukan. Perbuatan mereka sudah sangat meresahkan. Jangan sampai masyarakat harus merasakan ketakutan saat beraktivitas di luar rumah, apalagi yang mencari nafkah di malam hari,” katanya.

Politisi PKS ini juga meminta pihak kepolisian agar lebih meningkatkan patroli dan razia di daerah-daerah yang rentan terjadi aksi begal.

Baca juga: Isu Maraknya Begal di Medan Beredar di WA, Banyak Ternyata Hoaks

“Saya yakin saat ini pihak kepolisian juga sudah mendeteksi kelompok-kelompok atau jaringan dari para pelaku begal ini. Untuk itu kita meminta segera ambil tindakan. Berantas habis. Berikan hukuman maksimal sesuai perbuatannya sebagai efek jera. Jangan biarkan keadaan ini terus berlangsung,” tegasnya.

Lanjut Rajudin, dengan maraknya aksi begal seperti saat ini, tentu akan sangat berdampak terhadap perputaran ekonomi di Kota Medan.

“Pasti semua aspek akan berimbas, baik itu program pemerintah maupun perputaran ekonomi. Untuk itu harus dilakukan langkah cepat dan tegas. Kepada orang  tua, diharapkan memberikan perhatian terhadap pergaulan anak-anaknya. Jangan sampai menjadi penyesalan ketika sang anak salah bergaul dan terjerumus hingga nekat melakukan tindakan kriminal. Begitu juga dengan tenaga pendidik di sekolah, untuk terus mengingatkan siswa-siswinya,” pungkasnya. (rahmad/hm17)

Related Articles

Latest Articles