27.8 C
New York
Monday, July 22, 2024

Tangani Begal, Edy Rahmayadi: Diperlukan Kerja Sama Lintas Sektor

Medan, MISTAR.ID

Satpol PP Pemerintah Provinsi Sumatera Utara (Pemprov Sumut) mengamankan 2 orang diduga pencuri dan 4 orang terindikasi anggota geng motor dalam patroli beberapa waktu lalu.

Namun, Gubernur Sumut, Edy Rahmayadi mengatakan, hal ini belum bisa dikatakan sebagai keberhasilan  atau tidak keberhasilan.

“Sebab dalam memberikan rasa aman untuk rakyat kita diperlukan kerja sama atau keterlibatan bersama-sama seluruh lintas sektor dalam penanganannya. Jangan kita jadikan ini polemik,” kata Edy, pada Senin (17/7/23).

Baca juga: Satpol PP Pemprov Sumut Amankan 2 Orang Diduga Pencuri dan 4 Orang Diduga Geng Motor

Sehingga, dalam mengatasi maraknya begal ini diperlukan penghematan tenaga. Menurut mantan Pangkostrad ini, penghematan yang dimaksud yakni mengerahkan pasukan kecil yaitu Satpol PP.

“Selanjutnya bila Satpol PP tidak mampu, itu lah nanti dibantu pihak Kepolisian. Polisi tidak mampu, TNI lah turun. Kalau TNI turun, sudah darurat lah,” pungkasnya.

Seperti diketahui, sesuai instruksi dari Edy mengerahkan personel Satpol PP Pemprov Sumut melakukan pengawasan di daerah rawan pembegalan, seperti beberapa titik di Kota Medan, lalu Binjai dan sekitarnya, akhirnya membuahkan hasil.

Baca juga: Atasi Maraknya Begal, Wali Kota Medan Libatkan TNI

Diketahui Edy meminta kepada personel Satpol PP melaksanakan penindakan langsung dan deteksi dini terhadap kelompok-kelompok begal dan geng motor. Hal ini dalam rangka mewujudkan ketertiban dan keamanan di masyarakat.

“Ada sebanyak 22 personel Satpol PP Pemprovsu kita kerahkan di lapangan pada tanggal 15-16 Juli 2023 untuk melakukan patroli berkendaraan dengan dilengkapi perlengkapan double stick,” tulis Edy dalam captionnya di media sosial (medsos) Instagram resminya yang dikutip mistar.id, pada Minggu (16/7/23).

Lanjut Edy, melalui tim patroli personel Satpol PP akhirnya berhasil melakukan pengamanan terhadap 2 orang yang diduga hendak melakukan pencurian besi di Jalan Binjai Km 12 dengan barang bukti 1 buah kapak, 1 buah pisau dan 1 buah palu.

Baca juga: Netizen Anggap KontraS Sumut Bela Begal, Koordinator: Kami Anti Begal

“Setelah itu, tepatnya di Jl. Megawati, tim juga melakukan pengejaran rombongan geng motor dan berhasil menangkap 4 orang diduga anggota geng motor tersebut yang rata-rata masih berstatus pelajar. Tim juga berhasil mengamankan barang bukti berupa panah, golok dan gergaji dan sudah diserahkan ke pihak kepolisian setempat,” tulisnya lagi.

Kepada tim Satpol PP Pemprov Sumut, mantan Ketua Persatuan Sepakbola Seluruh Indonesia (PSSI) ini meminta untuk tetap terus lakukan patroli di lapangan. “Kita lawan geng motor di Sumut ini,” tegas Edy. (anita/hm16)

Related Articles

Latest Articles