17.2 C
New York
Sunday, September 29, 2024

Ganjar Pranowo Usulkan Pendidikan Digital Jadi Mata Pelajaran Wajib

Jakarta, MISTAR.ID

Pendidikan digital diusulkan menjadi mata pelajaran wajib yang diajarkan kepada siswa di sekolah dan perguruan tinggi. Usulan ini datang dari Gubernur Jawa Tengah, sekaligus calon presiden (capres) Ganjar Pranowo.

“Menurut saya, di dunia saat ini, seharusnya ada tambahan satu mata pelajaran atau mata kuliah, yaitu mata pelajaran digital. Sebagai bagian dari mata kuliah dasar umum, hal ini seharusnya menjadi mata pelajaran wajib,” ujar Ganjar dalam acara Young On Top, di Mal Kota Kasablanka, Jakarta, Sabtu (15/7/23).

Menurut Ganjar sistem pendidikan di Indonesia tidak boleh lagi kaku dan harus mengikuti perkembangan zaman. Generasi saat ini, masih kata Ganjar, membutuhkan pengetahuan yang lebih dalam tentang dunia digital.

Baca juga: Begini Gaya Bicara Ganjar Pranowo, Anies Baswedan dan Prabowo Subianto di Rakernas Apeksi

“Agar mereka dapat memahami perubahan dunia dan untuk mencegah terjadinya kesenjangan digital di antara siswa. Jangan ada lagi yang mengatakan ‘Maaf Pak, saya tidak paham teknologi’. Tidak ada alasan. Kecuali jika mereka sudah sangat tua,” ungkap Ganjar.

Ganjar menilai hampir semua generasi muda saat ini memiliki kebutuhan dasar berupa gadget atau smartphone.

Di sisi lain, ia melihat Indonesia masih menghadapi masalah dalam hal infrastruktur teknologi informasi yang belum memadai.

Baca juga: Pasang Badan Dukung Ganjar, Ketua KPU Tanjung Balai Pilih Mengundurkan Diri

“Perlu dilakukan pembenahan infrastruktur agar seluruh jaringan dapat terjangkau di seluruh daerah,” tambahnya. (cnn/hm20)

Related Articles

Latest Articles