18.6 C
New York
Sunday, October 6, 2024

FOPI Sumut Optimis Renggut 2 Medali Emas di PON 2024

Medan, MISTAR.ID

Federasi Olahraga Petanque Indonesia (FOPI) Provinsi Sumatera Utara optimis targetkan 2 medali emas dari sektor putri di Pekan Olahraga Nasional (PON) 2024 Aceh-Sumut.

Saat ini FOPI Sumut sudah melakukan Pelatihan Daerah (Pelatda) terhadap 8 putra dan 8 putri, dimana latihan teknik digelar di lapangan kampus Sekolah Tinggi Olahraga dan Kesehatan (STOK) Bina Guna dan Universitas Medan (Unimed) untuk latihan fisik.

Kabid Binpres, Edward Keliat mengatakan, pihaknya tidak ada mengalami kendala selama menjalani Pelatda, mengingat dukungan dari STOK Bina Guna atas penginapan dan konsumsi bagi atlet, serta lapangan latihan.

Baca juga:PON 2024 Mendatang, Ikatan Pencak Silat Indonesia Asal Sumut Optimis Raih Medali Emas

“Kendala yang kami hadapi, uji tanding bagi atlet saja. Karena uji tanding level di Sumut ini susah, jadi atlet kesulitan untuk menguji kemampuan sendiri itu kurang,” kata Edward saat dikonfirmasi mistar.id, pada Kamis (13/7/23).

Cabang olahraga (cabor) petanque yang akan digelar di Aceh mempertandingkan 13 nomor. Yakni, shooting man-women, single man-women, double man-women, triple man-women, beregu man-women, serta nomor campuran yang terdiri dari double, triple 2 putra dan triple 1 putra-2 putri.

Ketua FOPI Sumut, Liliana Puspa Sari mengatakan, persaingan petanque di PON nanti sulit diprediksi, mengingat perkembangan semua provinsi merata. Namun Jawa Timur dan Bali mendominasi, begitu juga Aceh patut diwaspadai.

Baca juga: Songsong PON 2024, KONI Medan Matangkan Persiapan Porkot September 2023

“Persaingan petanque sekarang ini sudah merata dan kami melihatnya berbeda-beda di setiap provinsi. Persaingan utama itu, Jatim, Bali dan Aceh,” ungkap Liliana di Posko Publikasi PON XXI/2024 wilayah Sumut, Kota Medan, pada Rabu (12/7/23).

Ia juga mengatakan, tantangan yang dihadapi pihaknya, uji tanding bagi atlet untuk mengukur hasil latihan dan kemampuan. Pihaknya juga sudah mempersiapkan try out bagi atlet ke luar negeri, untuk menakar kemampuan mereka.

“Kita sudah ajukan ke Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Sumut, tahun depan direncanakan training camp bagi atlet di Thailand atau Malaysia. Mudah-mudahan diterima agar kita bisa mengasah kemampuan atlet,” kata Lili.

Baca juga: KONI Simalungun Kirim 15 Atlet Wakili Sumut di PON 2024

Komisi IT, Andarias GInting menambahkan, saat ini pelatih tengah mengenjot kondisi fisik atlet, terutama putri menjadi fokus. Ini mengingat petanque merupakan olahraga yang membutuhkan konsentrasi dan kondisi atlet harus maksimal.

Diketahui ada 18 atlet Pentaque Sumut menjalani Pelatda. Atlet putra yakni, Rudi Irwanto, Erry Havosan Nababan, Fa’id Aqdas Tamimi, M Khairul Irwanto, Dimas Arif Hidayat, Rasya Althof Sembiring, Andriadi Putra Simanjuntak dan Muhammad Dia.

Sedangkan atlet putri, Rohana Saprida Purba, Ayu Mutiara Sari, Nur Akma Aisyah, Finalia Sinulingga, Cintami Rahmadani Jambak, Yuyun Danaty Manulang, Nosanta Yevi Ginting dan Trinalia Silalahi. Mereka dilatih Ibrahim Sembiring, Edward Keliat dan Andarias Ginting. (andreas/hm16)

Related Articles

Latest Articles