18.6 C
New York
Friday, September 27, 2024

TNI Pastikan Video Dukungan ke Anies Baswedan Adalah Hoaks

Jakarta, MISTAR.ID

Belum lama ini beredar video yang memperlihatkan TNI mendukung calon presiden (capres) Anies Baswedan pada Pilpres 2024 yang dibagikan oleh akun Facebook bernama Fredi Anto. Menanggapi masalah ini, Kepala Pusat Penerangan (Kapuspen) TNI Laksamana Muda (Laksda) Julius Widjojono memastikan jika video tersebut adalah hoaks.

“Pada tanggal 16 Juni 2023 ditemukan video ‘Dukungan TNI Untuk Anis’ yang diunggah akun Facebook Fredi Anto. Disebutkan bahwa TNI mendukung Anies Baswedan dalam Pilpres 2024. Video itu adalah hoaks,” kata Julius, Senin (19/6/23).

Ia memastikan TNI berkomitmen untuk setia menjaga netralitas sesuai Undang-Undang. Untuk langkah selanjutnya, Mabes TNI telah membuat surat ke Dirjen Aptika Kemenkominfo untuk memberikan label hoaks terhadap akun tersebut.

Baca juga: Anies Baswedan Sudah Putuskan Nama Cawapresnya

“Mabes TNI dalam hal ini Satsiber TNI juga telah mengirim surat ke Dirjen Aptika Kemenkominfo untuk pembuatan label hoaks terhadap akun facebook tersebut. TNI dipastikan menjaga netralitasnya,” tambahnya.

Setelah dilakukan penyelidikan, video yang disebar adalah video yang diedit dari beberapa kegiatan Relawan Anies Baswedan.

Salah satu potongan kegiatannya adalah acara Pengukuhan Pengurus di Semarang pada 17 Desember 2022 dengan pembicara Mayor (Purn) Yoyok Riyo Sudibyo (Mantan Bupati Batang periode 2012-2017) sebagai koordinator purnawirawan TNI.

Baca juga: Demokrat Pertimbangkan Usung Anies Baswedan

Dipastikan Julius, akun Fredi Anto merupakan akun buzzer yang sering membuat argument negatif terkait capres lain.

“Akun Facebook Fredi Anto sering menyudutkan Presiden Joko Widodo dan capres lainnya. Akun ini adalah akun buzzer dari pendukung Anies Baswedan,” tegasnya. (merdeka/hm20)

Related Articles

Latest Articles