22.2 C
New York
Saturday, September 28, 2024

Tuan Rumah Piala Dunia Basket 2023, Ini Jumlah Dana Dikucurkan Kemenpora

Jakarta, MISTAR.ID

Indonesia menjadi salah satu tuan rumah bersama Filipina dan Jepang pada pelaksanaan Piala Dunia Bola Basket FIBA yang akan bergulir di Jakarta, bulan Agustus 2023 mendatang.

“Kita harus menjadi tuan rumah yang baik. Ada 8 negara yang bertanding di sini dan kita mendapatkan undian grup menarik seperti tim Spanyol dan Kanada. Ini akan menjadi daya tarik,” sebut Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora), Dito Ariotedjo.

Ini disampaikan Menpora, usai menyaksikan penandatanganan kerja sama pendanaan untuk gelaran itu antara Persatuan Basket Seluruh Indonesia (Perbasi) dan Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) di kantor Kemenpora, Jakarta, Rabu (24/5/23).

Baca juga: Pemain Mali Baku Hantam dalam Piala Dunia Basket

Kemenpora mengucurkan pendanaan sebesar Rp135 miliar. Menpora berpesan agar Indonesia bisa sukses menjadi tuan rumah.

Dito juga berpesan secara administrasi pertanggungjawaban anggaran harus dijalankan dengan baik pula. Menurutnya, Perbasi dan panitia lokal atau LOC menggunakan dana dari APBN tersebut secara transparan.

“Semua pertanggunggjawaban keuangan negara harus secara transparan dan akuntabel karena ini APBN, anggaran negara,” imbuh Dito.

Baca juga: Kemenpora Tak Setuju Usulan BOPI Minta Subsidi Kepada Presiden

Menpora juga berpesan secara administrasi pertanggungjawaban anggaran harus dijalankan dengan baik pula. Ia berpesan agar Perbasi dan panitia lokal atau LOC menggunakan dana dari APBN secara transparan.

Indonesia akan menjadi tuan rumah babak penyisihan untuk grup G dan H yang berlangsung di Indonesia Arena, GBK, Jakarta. Dari hasil pengundian, negara-negara unggulan berisi para pemain NBA akan beraksi di Jakarta, salah satunya peringkat pertama dunia sekaligus juara bertahan Spanyol.

Grup G diisi Spanyol, Brasil, Iran dan Pantai Gading. Sementara itu, di grup H ada Kanada, Prancis, Latvia dan Lebanon.

Meskipun tidak lolos ke Piala Dunia, Dito meminta agar sukses penyelenggaraannya karena akan menjadi cermin bagi Indonesia dalam hajatan olahraga dunia. (media Indonesia/hm16)

Related Articles

Latest Articles