19 C
New York
Sunday, September 29, 2024

Mesin Penyedot Abu Terbakar di Tebing Tinggi, Belum Diketahui Penyebabnya

Tebing Tinggi, MISTAR.ID

Pabrik Pengolahan Kayu Karet milik anak perusahaan PTPN 3 yakni PT Tiga Mutiara Nusantara di Jalan Lintas Tebing Tinggi-Siantar, tepatnya Desa Kelembak, Kecamatan Dolok Merawan, Kabupaten Serdang Bedagai (Sergai) terbakar, Rabu (17/5/23).

Tempat penyedot abu atau penampung abu (Pagoda) yang berisikan sisa sekam kayu pinus yang terletak bersebelahan dengan mesin Boiler milik PT Tiga Mutiara Nusantara ini sekitar pukul 13. 00 Wib diketahui terbakar, penyebab kebakaran belum diketahui pasti, namun tidak ada korban jiwa dalam kejadian tersebut.

“Kebakaran diduga disebabkan adanya gesekan api, karena dari pagi ini terbakar. Ttapi orang itu enggak tau. Api diketahui saat masuk shift siang, tadi pas masuk shift siang jam 1 siang udah marak apinya, kok tiba-tiba berasap,” ujar Adi salah seorang mandor siang, kepada Mistar.id.

Dia menyebutkan api sempat marak hingga sempat keluar pabrik. “Itukan dinding terlihat gosong. Kemarin sempat juga terbakar ini, tapi pas main kayu karet. Inikan abu pinus bang cepat kali dia marak,” kata Adi.

Baca juga : Kawasan Pinggiran Danau Toba Rawan Kebakaran, Ini Pesan BPBD Simalungun

Diakuinya meski sempat marak tapi sudah dipadamkan para pekerja dengan air seadanya sehingga apinya padam sebelum petugas pemadam kebakaran datang, yang sisa tinggal kepulan asap. “Inilah disirami pakek ember dan selang air itu,” tandas Adi.

Pantau di lokasi, Tempat penyedot abu atau penampung abu (Pagoda) yang berisikan sisa sekam kayu pinus yang terletak bersebelahan dengan mesin Boiler sudah tidak terlihat api namu asap masih mengepul baru datang 4 unit mobil pemadam kebakaran yang terdiri dari dua unit pemadam kebakaran dari Pemko Tebing Tinggi dan dua Unit Pemadam Kebakaran dari Pemerintah Kabupaten Sergai.

“Makanya kepulan asapnya sudah berhasil dipadamkan oleh petugas Damkar dibantu Karyawan,” ujarnya. Hingga kini, belum ada keterangan resmi dari Polres Tebing Tinggi terkait terbakarnya tempat penyedot abu atau penampung abu (Pagoda) tersebut.(Nazli/hm18)

Related Articles

Latest Articles