21.7 C
New York
Friday, September 27, 2024

RI Urutan ke 6 Penyumbang Besar Gas Metana Dunia, Sang Perusak Ozon

Jakarta,MISTAR.ID

Laporan International Energy Agency (IEA) menyebutkan emisi metana di dunia pada 2022 mencapai angka 580 juta ton. Untuk diketahui metana merupakan salah satu gas rumah kaca (GRK) yang mendorong pemanasan global dan merusak lapisan ozon.

Di tengah transisi energi yang tengah digaungkan pemerintah Tanah Air, perlu diketahui bahwa Indonesia menempati urutan ke-6 dengan negara penghasil gas metana terbesar global yakni 14,3 juta ton pada.

Melansir dari laporan IEA yang bertajuk Global Methane Tracker 2023, metana bertanggung jawab atas sekitar 30% kenaikan suhu global sejak Revolusi Industri, dan pengurangan emisi metana yang cepat dan berkelanjutan adalah kunci untuk membatasi pemanasan global jangka pendek dan meningkatkan kualitas udara.

Baca juga:Kemasan Produk Ramah Lingkungan

Sementara, sektor energi termasuk minyak, gas alam, batu bara, dan bioenergi tercatat menyumbang hampir 40% emisi metana dari aktivitas manusia. Pelacak Metana Global IEA adalah alat yang sangat diperlukan dalam perjuangan untuk menurunkan emisi dari seluruh sektor energi.

Namun demikian terlihat dari data IEA, urutan penghasil emisi gas metana antropogenik terbesar di dunia adalah Tiongkok sebanyak 55,7 juta ton, menyusul Amerika Serikat 31,8 juta ton; India 29,7 juta ton; Rusia 24,4 juta ton dan Brazil 20 juta ton. (cnbc/hm06)

Related Articles

Latest Articles