16.9 C
New York
Sunday, October 6, 2024

Qin Zewen, Miss China 2022 Tersandung Skandal Penipuan

Jakarta, MISTAR.ID

Miss China kembali menjadi sorotan. Qin Zewen diumumkan sebagai Miss China 2022 menggantikan kandidat sebelumnya yang tersandung masalah. Namun Qin rupanya juga memboyong skandal tak kalah menghebohkan yakni tuduhan penipuan.

Ruan Yue merupakan pemenang kompetisi Miss China 2022 dan berhak melaju ke kontes Miss World mewakili negaranya. Namun Ruan dicopot dari gelarnya akibat perilaku “tidak pantas”.

Alih-alih memilih runner-up pertama atau kedua, pihak penyelenggara justru menunjuk Qin untuk menggantikan Ruan. Kontroversi dimulai sebab perempuan berusia 25 tahun ini tidak memiliki rekam jejak apapun dalam kompetisi regional.

Baca Juga:Jadi Miss World Asia 2021, Carla Yules: Public Speaking Hal yang Tersulit

Hal ini menuai tanya apalagi setelah muncul tuduhan bahwa Qin berbohong soal kualifikasi pendidikan dan riwayat pekerjaannya.

Biodata Qin untuk kompetisi menyebutkan dia memegang gelar master di bidang keuangan dari Universitas Fudan, universitas bergengsi di Shanghai. Selain itu, disebutkan bahwa dia sebelumnya bekerja sebagai analis di Essence Securities, salah satu perusahaan sekuritas terkemuka di China.

Netizen tidak terima dengan penunjukan Qin sehingga mereka mulai menggali informasi seputar dirinya. Adapun temuan mengejutkan bahwa Qin diduga merekayasa foto seolah dirinya kuliah di Universitas Fudan.

Sementara studinya di Universitas Shanghai Jiaotong juga dipertanyakan. Sebab ijazah Qin tampak palsu. Selain itu, Asosiasi Sekuritas China membantah klaim bahwa Qin pernah menjadi analis investasi berlisensi.

Baca Juga:Maret 2022, Puncak Miss World 2021

Akan tetapi, beberapa hari setelah Qin diumumkan sebagai Miss China 2022, Essence Securities merilis pernyataan bahwa ia bekerja di sana untuk sementara sebagai asisten analis. Qin disebut sudah 8 bulan meninggalkan perusahaan sehingga statusnya sebagai analis keuangan sudah kedaluwarsa.

“Ini adalah keputusan pribadinya untuk mengambil bagian dalam kegiatan sosial dan tidak ada tindakannya yang mewakili perempuan di industri ini,” tulis perusahaan dalam sebuah pernyataan resmi seperti dikutip media.

Di sisi lain, organisasi Miss World telah merespons skandal Qin dalam sebuah pernyataan resmi di laman organisasi.

“Kami prihatin dengan keluhan kandidat Miss China yang kami terima. Kami akan menyelidiki masalah ini dan jika aturan telah dilanggar, tindakan yang tepat akan diambil,” tulis organisasi Miss World.

Baca Juga:Kontes Kecantikan Dilanda Badai Covid, Miss World 2021 Ditunda

Qin belum buka suara terkait berbagai tuduhan yang menimpanya. Malah ia mengunggah foto ia bersama teman-temannya di media sosial dengan judul ‘Gadis kecil biasa’.

Rupanya situasi ini menarik perhatian Miss China 2014 Du Yang. Ia menyebut banyak keanehan yang melingkupi kompetisi Miss China 2022. Menurutnya, meski dalam situasi sulit, kompetisi harus berjalan adil dan tidak boleh ada pelanggaran aturan.

“Saya telah mengkomunikasikan masalah ini kepada organisasi perwakilan acara di China, dan akan terus berhubungan dengan kantor pusat Inggris untuk bersama-sama menjaga reputasi jenama acara Miss World,” kata Du Yang.(cnn/hm12)

Related Articles

Latest Articles