19 C
New York
Saturday, September 28, 2024

Menlu Jumpai 62 WNI Korban Penipuan di Kamboja, KBRI akan Fasilitasi Kepulangan ke Indonesia.

Pnomh Penh, MISTAR.ID

Menteri luar Negeri RI Retno Marsudi bersama beberapa pejabat Kepolisian Indonesia telah lakukan pertemuan dengan para  WNI korban penipuan dan perdagangan manusia, yang bekerja per​usahaan online scam di Sinhanoukville, Kamboja, (2/8/22). Pertemuan tersebut setelah bertemu dengan Kepala Kepolisian Kamboja, Jenderal Neth Savouen.

62 WNI tersebut telah dibawa oleh KBRI dan berada di Phnom Penh sejak 1 Agustus  2022 dini hari. KBRI Ph​​nom Penh dibantu Kepolisian RI,  saat ini tengah pendataan dan verifikasi terhadap para WNI tersebut.

Dalam pertemuan tersebut, Menlu RI tekankan bahwa keselamatan para WNI selalu menjadi priroitas Pemerintah. Menlu juga sampaikan bahwa Kepolisian kedua negara sepakat untuk memperkuat kerjasama  guna mencegah kejadian-kejadian serupa terulang kembali.

Baca juga:53 WNI Disekap di Kamboja

Menlu juga berpesan kiranya para WNI ikut membantu pemerintah untuk mengkampanyekan pencegahan perdagangan manusia dengan secara hati-hati mencermati tawaran pekerjaan yang diberikan, dengan iming-iming yang menggiurkan.

Para WNI menyampaikan terima kasih atas langkah penyelamatan yang telah dilakukan dan akan memberikan informasi selengkapnya kepada penyidik Polri untuk proses penegakan hukum terhadap pelaku perekrut di Indonesia.

Setelah proses pendataan dan wawancara selesai dilakukan, KBRI Pnomh Penh akan membantu administrasi keimigrasian dan menfasilitasi kepulangan ke Indonesia. (kemenlu/hm06)

Related Articles

Latest Articles