25.1 C
New York
Sunday, July 21, 2024

Kapan Dilaksanakan Vaksin Booster Covid-19 Kedua di Siantar? Ini Penjelasan Kadis Kesehatan

Pematang Siantar, MISTAR.ID

Kementerian Kesehatan (Kemenkes) resmi mengeluarkan program vaksinasi Covid-19 dosis keempat atau booster kedua.

Untuk tahap awal, pelaksanaan booster kedua ini ditujukan untuk Tenaga Kesehatan (Nakes) difasilitas kesehatan masing-masing daerah seluruh Indonesia.

Kapan dilaksanakan Vaksin Booster Covid-19 di Siantar?

Kepala Dinas Kesehatan Kota Pematangsiantar dr Ronald Saragih menyebutkan vaksinasi booster kedua masih dalam tahap koordinasi. Saat ini, vaksinasi dosis keempat masih difokuskan pada tenaga kesehatan. Mereka lebih berisiko tinggi terpapar virus tersebut.

Baca juga:Kasus Covid-19 di Jepang Naik, WNI Diimbau Segera Vaksin Booster

“Booster kedua ini memang sudah ada informasi dari Kemenkes pusat. Tapi, petunjuk dari Dinas Kesehatan Provinsi Sumatera Utara, belum ada. Kami sedang menunggu petunjuk Provinsi dahulu,” kata Ronald saat dihubungi melalui sambungan telepon, pada Selasa (2/8/22).

Ronald mengatakan, pihaknya tengah mengumpulkan data Nakes atau SDM kesehatan di fasilitas pelayanan kesehatan yang perlu mendapat booster kedua sesegera mungkin.

Apalagi, pandemi Covid-19 sebenarnya belum benar-benar berakhir sementara aktivitas masyarakat sudah kembali berjalan normal.

“Adanya kebijakan baru vaksin ini merupakan perlindungan pada Nakes sebab Nakes merupakan kelompok yang memiliki risiko tinggi terpapar Covid-19,” ujarnya.

Baca juga:Wajib Booster Naik Kereta Api di Medan, Pelanggan Turun 35%

Ronald berharap dengan pemberian vaksin Covid-19 dosis keempat atau booster kedua bagi nakes, bisa memberikan perlindungan nakes yang melayani masyarakat umum secara sehat. (yetty/hm06)

Related Articles

Latest Articles