18.5 C
New York
Friday, September 27, 2024

Warga Toba ‘Bersih-bersih’ Sambut W-20

Toba, MISTAR.ID

Sehubungan dengan rencana kunjungan kerja anggota Women 20 (W20) ke Kabupaten Toba, Perangkat Daerah dan masyarakat, kembali memaksimalkan kebersihan lingkungan maupun wilayahnya masing-masing, dengan bergotong-royong membersihkan sampah dan memotong rumput, khususnya di sepanjang Jalan Lintas Sumatera (Jalinsum).

Giat gotong royong tersebut, dilaksanakan oleh sejumlah instansi pemerintah desa, kelurahan dan kecamatan yang berwilayah langsung dengan Jalinsum, salah satunya Desa Lumban Pea Timur Kecamatan Balige.

Kepala Desa Lumban Pea Timur Faber Tambunan menyebutkan, tujuan dari gotong-royong ini, semata-mata adalah untuk memastikan area Jalinsum bersih dari sampah dan tumbuhan rumput yang menyasar bahu jalan. Dia menambahkan selain dalam rangka menyambut peserta W-20 yang rencananya akan melintasi Desa mereka, pihaknya juga bersama warga selalu rutin melakukan gotong-royong setiap bulan.

Baca juga:Pembukaan W-20 Progresif Danau Toba 2022 di Pantai Bebas Parapat Sepi

Pemerintah Desa Lumban Pea Timur telah membuat satu Peraturan Desa (Perdes) tentang gotong-royong, yang dilaksanakan setiap hari Kamis, pada minggu kedua.

“Di semua dusun, kami terus memberikan edukasi dalam menggerakkan masyarakat bergotong-royong, agar (lingkungan) tetap bersih, karena bersih itu sebahagian dari iman,” tambahnya, Sabtu (16/7/22)

Ia juga mengucapkan terimakasih kepada Bupati Toba Poltak Sitorus yang sangat antusias membangun Kabupaten Toba, dengan mengajak semua masyarakat, untuk ikut berpartisipasi dan menghidupkan kembali budaya gotong-royong.

Baca juga:W20 di Kawasan Danau Toba, Ini Persiapan Pemko dan Forkopimda Siantar

Giat gotong royong lainnya juga dilaksanakan di Pasar Sirongit Kecamatan Laguboti. Salah seorang warga setempat yang enggan namanya dikorankan, mengaku bahwa gotong royong dilakukan atas kerelaan sendiri.

“Kami melakukan ini atas kesadaran sendiri bersama warga setempat di sini, memungut sampah dan memotong rumput di bahu jalan ini,” ujarnya. (james/hm06)

 

Related Articles

Latest Articles