19 C
New York
Saturday, September 28, 2024

Antisipasi Persebaran Corona, Pos Covid-19 Desa Akan Dioptimalkan

Toba, MISTAR.ID

Pos penanggulangan Covid-19 desa akan dioptimalkan guna mengantisipasi tingkat persebaran Covid-19 yang akhir-akhir ini meningkat.

Hal itu, menjadi komitmen Satgas Covid-19 Toba pada rapat koordinasi bersama Satuan Tugas Pengendalian Covid-19 (Satgas Covid-19), bertempat di Balai Data Kantor Bupati Toba, Selasa (8/2/22) kemarin.

Pengoptimalan posko Covid-19 desa diharapkan dapat kembali memonitoring setiap kegiatan masyarakat di desa sekaligus melakukan pengawasan penerapan protokol kesehatan, ujar Bupati Toba Poltak Sitorus.

Baca juga:Penerapan Protokol Kesehatan di Sejumlah Pasar Tradisional Kota Pematangsiantar

Rapat koordinasi tersebut, juga digelar secara virtual Zoom yang diikuti oleh seluruh Camat dan kepala desa se Toba.

Poltak Sitorus meminta kepada seluruh kepala desa dan camat serta dinas terkait yakni Dinas PMDP dan PA supaya melaksanakan pengawasan protokoler kesehatan Covid -19 dengan ektra ketat disetiap desa. Melalui pengoptimalan posko desa, nantinya setiap pelaksanaan kegiatan masyarakat yang menimbulkan keramaian kiranya dapat dipantau sehingga benar-benar menerapkan kepatuhan prokes disetiap kegiatan-kegiatan diantaranya kegiatan pesta dan aktivitas ditempat- tempat wisata, pasar dan lainnya.

“Mari bersama-sama serius mewaspadai gelombang persebaran Covid-19 maupun varian baru lainnya,” ujar Poltak Sitorus.

Terpisah, Kapolres Toba AKBP Akala Fikta Jaya menyampaikan, bahwa upaya untuk memutus mata rantai penularan Covid-19 dibutuhkan kerjasama dengan seluruh stakeholder dan masyarakat.

Baca juga:Pasien Aktif Covid-19 di Toba Bertambah, Satgas Imbau Warga Patuhi Prokes

Sinkronisasi data warga yang sudah divaksin sangat dibutuhkan, salah satunya data vaksin lansia.

“Hal ini sangat perlu dalam mendukung sosialisasi yang persuasif dilapangan, sehingga masyarakat dapat benar-benar bersedia untuk divaksin, selain itu jika diperlukan pelayanan vaksinasi dilakukan jemput bola ke desa,” ujar Kapolres.

Rapat koordinasi tersebut dihadiri Bupati Toba Poltak Sitorus, Sekda Audi Murphy Sitorus, Forkopimda, para asisten dan sejumlah pimpinan OPD.(james/hm06)

Related Articles

Latest Articles