16.3 C
New York
Sunday, September 29, 2024

Trump Prediksi Puncak Kematian Covid-19 Saat Paskah

Washington, MISTAR.ID

Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump, Senin (30/03/20), mengatakan tingkat kematian Covid-19 di AS akan mencapai puncaknya dalam dua pekan ke depan.

“Paskah seharusnya menjadi puncak angkanya,” Trump mengingatkan pada 12 April mendatang.

“Dari sana harusnya angkanya akan mulai turun, dan kita berharap dari titik itu, penurunannya bisa signifikan,” tambahnya.

Trump juga mengatakan bahwa pemerintah telah memperpanjang pedoman “social distancing” hingga 30 April mendatang untuk memperlambat penyebaran virus.

Sedikitnya 140.000 warga AS terinfeksi Covid-19 dan menewaskan lebih dari 2.400 orang. Dengan membatasi jumlah kematian hingga 100.000 atau 200.000, kata dia, akan menjadi “pekerjaan yang baik”.

Ia tetap merasa berhasil telah menurunkan potensi kematian akibat virus itu. Perkiraan awal, lebih dari juta penduduk AS akan menjadi korban Covid-19.

Sebelumnya, Direktur Institut Nasional AS untuk Penyakit Menular dan Alergi, Dr Anthony Fauci memperkirakan bahwa pandemi Covid-19 dapat menyebabkan 100.000 hingga 200.000 kematian di AS.

Fauci, yang juga merupakan anggota gugus tugas virus korona bentukan Trump dengan cepat menambahkan, “saya tidak ingin berpatokan pada hal itu. Ini adalah angka yang terus bergerak sehingga Anda bisa dengan mudah menjadi salah dan menyesatkan orang”.

Lebih jauh, Trump mengatakan bahwa ia berharap AS “akan berada dalam proses pemulihan” pada 1 Juni mendatang, turun dari target Paskah yang sebelumnya ia sampaikan.

Ia juga mengatakan bahwa akan ada pengumuman “penting” pada Selasa (31/3) tentang rencana dan strategi pemerintah ke depan.

Sumber : detik.com
Editor : mahadi

Related Articles

Latest Articles