18.5 C
New York
Saturday, September 28, 2024

Ketersediaan Anggaran Faktor Utama Capaian Kinerja OPD di Taput

Taput, MISTAR.ID

Ketersediaan anggaran merupakan faktor utama dalam penyusunan rencana kerja (Renja) dan rencana strategis (Renstra) yang dimasukan dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) kabupaten Tapanuli utara. Hal tersebut disampaikan oleh sejumlah kepala dinas yang merupakan pimpinan Organisasi Perangkat Daerah kabupaten Tapanuli. Dan SAKIP (Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintahan) setiap tahunnya adalah salah satu indikator menyusun Renja serta Renstra.

Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Tapanuli utara, Gibson Siregar,  mengatakan bahwa jika anggaran yang sudah disusun dan dituangkan sesuai dengan Renja dan Renstra kantor Perindag ini tidak bisa terakomodir dan terpenuhi maka bagaimana mungkin semua itu bisa terlaksana dengan baik, apalagi untuk mencapai ke arah penilaian akuntabilitas kinerja instansi dari Dinas Perindag.

Sama halnya dikatakan oleh Kepala Dinas PMD (Pemberdayaan Masyarakat Desa) Donni Simamora; Kepala Dinas Tenaga Kerja, Sofian Simanjuntak; Kepala Dinas Koperasi, Erli Sinaga, beberapa waktu lalu, bahwa  kunci utama dalam target pencapaian penyusunan Renja serta Renstra itu agar bisa terlaksana dengan baik maka anggaran harus benar benar ada serta tersedia sesuai dengan apa yang telah dituangkan dalam dokumen penganggaran.

Baca juga:Ketua YKI Taput: Donor Darah Bangkitkan Kesehatan dan Kesadaran Kemanusiaan

Kepala PMD Donni Simamora mengakui masalah yang paling prioritas dalam keterbatasan anggaran itu dikarenakan persoalan Covid-19 yang mengguncang seluruh dunia khususnya kabupaten Tapanuli utara. Kondisi ini berakibat kepada pemangkasan atau refocusing anggaran di setiap pos penganggaran yang ada di OPD.

Ditempat terpisah, sekretaris daerah, Indra Simaremare mengatakan bahwa Pemkab Taput memang belum pernah mendapatkan nilai B apalagi A dalam SAKIP yang didapat hanya nilai CC. Namun walaupun begitu mereka akan berupaya untuk mendapatkan nilai B atau A, karena saat ini sudah menyusun perubahan RPJMD dengan menyamakan persepsi pada Renstra masing masing OPD. (fernando/hm06)

Related Articles

Latest Articles