16.3 C
New York
Monday, September 30, 2024

Hari Ini, Google Doodle Mengenang dokter Ignaz Semmelweis

MISTAR.ID – Sudah lihat tampilan mesin pencari Google Anda hari ini (Jumat 20 Maret 2020) ?
Google Doodle hari ini mengenang Dr.Ignaz Semmelweis, seorang dokter Hongaria yang dikenal luas sebagai penemu manfaat medis dari mencuci tangan. Hari ini tepatnya pada tahun 1847 silam, Semmelweis diangkat menjadi Kepala Residen di klinik bersalin Rumah Sakit Umum Wina, dimana dia menyimpulkan dan menunjukkan bahwa dokter harus mengdisinfeksi tangan mereka untuk mengurangi penularan penyakit.

Lahir pada 1 Juli 1818 di Buda (Budapest) Hongaria, Ignaz melanjutkan sekolahnya ke Universitas Wina untuk mendapat gelar doctor dari dan gelas master untuk kebidanan. Dia memulai masa jabatannya di Rumah Sakit Umum Wina pada pertengahan abad ke-19, masa dimana tingkat infeksi misterius yang kurang dipahami memicu tingkat kematian yang tinggi pada waita yang baru melahirkan di bangsal rumah sakit di seluruh Eropah.

Ignaz didedikasi karena menemukan penyebab dari masalah infeksi ini. Setelah penyelidikan menyeluruh, ia menemukan bahwa para dokter berpeluang menyebar infeksi ke para ibu dari operasi dan otopsi yang mereka lakukan. Dia segera menginstruksikan persyaratan bahwa semua staff medis harus mencuci tangan di sela-sela pemeriksaan pasien, dan sebagai hasilnya, tingkat infeksi pun mulai menurun.

Sayangnya, banyak rekan Ignaz awalnya memandang idenya dengan skeptis. Namun beberapa dekade kemudian, saran higienisnya divalidasi dan diterima secara luas sebagai “teori kuman pada penyakit”

Hari ini Ignaz dikenal secara luas sebagai “bapak pengendali infeksi” yang bukan hanya berevolusi di bidang kebidanan tapi juga di seluruh dunia medis untuk memberitahukan kepada generasi setelahnya bahwa mencuci tangan adalah cara paling efektif unutk mencegah penularan penyakit.

Sumber: GoogleDoodle
Penerjemah: Julyana Ang

Related Articles

Latest Articles