15.3 C
New York
Saturday, October 12, 2024

Positif Corona Bertambah Jadi 2 di Sumut

Medan, MISTAR.ID

Dinas Kesehatan (Dinkes) Sumut menyatakan kalau jumlah warga Sumatera Utara yang positif virus corona atau covid-19 menjadi dua.

Kepala Dinas Kesehatan Sumut dr Alwi Mujahit Hasibuan melalui Sekretaris Dinas Kesehatan dr Aris Yudhariansyah yang dikonfirmasi wartawan mengatakan, ada penambahan kasus positif corona.

Hal ini menyusul pernyataan Jubir Penanganan Covid-19 pemerintah, Achmad Yurianto, yang sebelumnya menyebutkan bahwa kasus positif Corona di Sumut sudah naik menjadi 2.

“Benar, saat ini kasus positif Covid-19 di Sumut sudah menjadi 2,” ungkapnya kepada wartawan, Kamis (19/3/2020).

Aris menjelaskan, satu orang positif Covid-19 ini merupakan salah satu dari PDP yang tengah diisolasi di Rumah Sakit Umum Pusat (RSUP) H Adam Malik. Namun ia tidak menyebutkan, apakah PDP yang positif tersebut memiliki jejak riwayat yang sama dengan PDP 01 Yang sebelumnya sudah meninggal.

“Pasien yang positif tersebut merupakan PDP di RS Adam Malik,” jelasnya.

Oleh karena itu, Aris mengaku, Dinas Kesehatan Sumut telah melakukan Penyelidikan Epidemiologi (PE) kepada para kontak erat kedua PDP positif tersebut. “Saat ini Dinkes sudah melakukan PE kepada kontak erat keduanya,” pungkasnya.

Sementara itu, Kassubag Humas RSUP H Adam Malik Rosario Dorothy Simanjuntak yang dikonfirmasi juga menyatakan, saat ini sudah ada 2 PDP yang didiagnosa positif Covid-19. Namun kata dia, satu PDP yang positif corona tersebut masih dalam perawatan.

“Benar sudah 2, yang satu sudah meninggal, dan satu lagi itu masih kita rawat,” terangnya.

Sambung dia, RSUP H Adam Malik kembali kedatangan seorang PDP yang diduga terpapar virus corona atau suspect virus covid-19. Pasien tersebut pun menyusul 10 PDP yang sebelumnya telah diisolasi.

Rosa menyampaikan, pasien tersebut kata Rosa, datang seorang sendiri ke rumah sakit. “Saat ini jumlah PDP yang kita rawat sudah menjadi 11 orang. Pasien ini datang sendiri dan tidak dirujuk,” ungkapnya, sore.

Namun begitu Rosa tidak menjelaskan secara detail, dari mana PDP tersebut berasal. Begitu juga dengan jejak riwayat dia apakah memiliki baru datang dari luar negeri atau tidak, Rosa juga tidak membeberkan.

Reporter: Saut Hutasoit
Editor : Luhut Simanjuntak

Related Articles

Latest Articles