20.4 C
New York
Saturday, September 28, 2024

Apakah Masker Bisa Melindungi Anda Dari Virus Korona?

MISTAR.ID – Masker biasa tidak efektif melindungi anda dari virus korona. Ada dua tipe masker yang umumnya diketahui masyarakat yaitu masker sekali pakai (yang umumnya dipakai oleh tenaga medis ketika melakukan tindakan pembedahan) dan masker N95 ( alat perlindungan pernafasan terhadap udara yang terkontaminasi).

Para ahli tidak merekomendasikan penggunaan masker sekali pakai, kecuali orang tersebut sedang dalam kondisi sakit atau sedang merawat orang sakit. Pernafasan yang berulang melalui masker sekali pakai selama lebih dari 30 menit akan mengakibatkan peningkatan kelembapan pada masker sehingga memberi peluang virus gampang melekat pada permukaan masker. Masker dengan kondisi kelembapan seperti itu memberikan suhu optimal untuk bertahannya virus.

Berbeda dengan masker sekali pakai, masker N95 lebih efektif untuk melindungi anda dari berbagai penyakit yang tersebar melalui udara. Masker ini dapat memblokir macam virus yang tersebar melalui udara, namun hal itu tidak mampu dilakukan dengan masker sekali pakai. Hasil studi menunjukkan bahwa masker N95 akan membantu pencegahan infeksi, tapi harus dilakukan bersamaan dengan seringnya mencuci tangan.

Masker N95 merupakan suatu alat yang pemakaiannya harus secara erat-melekat disekitar wajah. Dengan cara seperti itulah masker ini dapat memblokir setidaknya 95% partikel-partikel kecil, sehingga anda dapat menggunakannya selama 8 jam untuk mencegah kontaminasi selama proses pembedahan. Tapi akan berbeda halnya jika itu berhubungan dengan masalah infeksi. Kuncinya adalah bagaimana masker tersebut dipasang secara tepat disekitar hidung dan mulut anda.

Hasil studi juga menunjukkan bahwa jenis masker N95 sangat efektif sekali dalam mencegah penyakit menular, tapi hanya untuk mereka yang mengenakan masker ini dengan cara yang benar. Pihak yang berwenang tidak merekomen penggunaan masker ini oleh masyarakat umum karena masker N95 ini sangat sulit untuk dikenakan dan memerlukan tehnik pengepasan dan latihan agar penggunaannya efektif. Lebih sering mencuci tangan adalah cara terbaik untuk mencegah penyebaran penyakit menular seperti virus korona.

Masker sekali pakai digunakan untuk menjaga cairan tubuh tidak tersembur ketika orang yang terinfeksi sedang bersin. Juga membantu mencegah penyebaran penyakit yang sedang anda alami ke orang lain. Yang artinya hanya orang-orang yang sedang sakit lah yang disarankan untuk menggunakan masker ini. Industri terkait masker sekali pakai seketika mem-booming seiring penularan virus korona. Beberapa negara menetapkan harga selangit untuk masker sekali pakai sebagai akibat dari naiknya permintaan.

Sumber: Hashem Al-Ghaili Medical & Health Page

Penerjemah: Julyana Ang

Related Articles

Latest Articles